oleh

Pilpres AS 3 November: Biden Ungguli Trump di 6 Jajak Pendapat

Washington DC, RNC – Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Demokrat, Joe Biden mengungguli Presiden AS Donald Trump dalam enam polling atau jajak pendapat terbaru. Biden rata-rata meraih 50% lebih banyak suara.

Seperti dilansir CNN, Senin (2/11/2020), setidaknya ada enam jajak pendapat yang melacak pandangan pemilih secara nasional tentang pemilihan presiden 2020 antara Trump dan Biden. Jajak pendapat ini dikumpulkan berdasarkan standar CNN untuk pelaporan.

Penting untuk diingat bahwa di AS presiden dipilih oleh electoral college, bukan oleh suara populer, dan jajak pendapat nasional hanya dapat mendekati suara populer.

Berdasarkan jajak pendapat NBC/WSJ Biden meraih 52% suara, sedangkan Trump 42%. Lalu dalam Fox News, Biden mendapat 52% suara dan Trump 44%. Kemudian dalam jajak pendapat CNN/SSRS, Biden juga masih unggul dengan 54% dan Trump meraih 42%.

Selanjutnya menurut jajak pendapat IPSOS/Reuters, Biden masih unggul 52% suara dan Trump meraih 42%. Quinnipiac University juga menyajikan hasil jajak pendapat, yakni Biden meraih 51% dan Trump 41%. Sedangkan dalam jajak pendapat New York Times/Siena College, Biden meraih 50% dan Trump 41% suara.

Proses survei atau jajak pendapat ini dilakukan selama bulan Oktober lalu. Diketahui bahwa Pilpres AS akan segera dilangsungkan pada 3 November waktu setempat. Meskipun begitu, early voting (voting awal) telah dilakukan di beberapa negara bagian.

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed