oleh

RS Siloam Perkenalkan Alat Test Covid-19 Terbaru, Tahu Hasil dalam 5 Menit!

Kupang, RNC – Rumah Sakit Siloam memperkenalkan alat tes covid-19 terbaru yang lebih canggih. Hasilnya bisa diketahui dalam waktu 5-15 menit.

Alat tes molekuler ini menggunakan metode isothermal dengan prinsip amplifikasi asam nukleat sehingga memiliki keunggulan waktu pengerjaan yang cepat.

Dengan menggunakan alat ini, pemerintah bisa terbantu dalam melaksanakan testing, tracing dan treatmen. Kemudian, dapat membantu tenaga medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan menunjang pelayanan di rumah sakit.

Dilansir dari metrobuananews.com, tes molekuler isothermal dengan teknologi dari Amerika Serikat ini telah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan. Juga telah lulus sertifikasi dari CE Europe, FDA approved for Emergency Use Authorization dan CLIA Waived.

Tes molekuler isothermal ini memiliki performa yang tinggi dengan sensitivitas 95% dan spesifisitas 97,9%. Uniknya mesin ini juga portable sehingga dapat dijadikan solusi untuk test on-site.

CEO sub regional Nusa Tenggara–Maluku, dr. Hans Lie, MSc, saat konferensi pers secara virtual, Jumat (27/11/2020) menjelaskan, mesin ID NOW ini sangat cocok untuk digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat kontak erat dengan dengan onset gejala kurang dari tujuh hari untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan serta untuk pasien sebelum dirawatinapkan.

ID Now

“Salah satu keunggulan alat ini yakni bisa dibawa ke mana–mana dan hasilnya bisa diketahui dalam waktu 5 menit,” kata dr. Hans.

Alat ini akan dioperasikan di 2 rumah sakit Siloam di NTT yakni RS Siloam Kupang dan RS Siloam Labuan Bajo. “Untuk pemeriksaan secara individu biayanya sebesar Rp 1,3 juta, sedangkan secara institusi sebesar Rp 1 juta per orang,” katanya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, David Mandala mengapresiasi RS Siloam Kupang dan Labuan bajo dalam menyediakan alat pemeriksaan covid-19 berbasis tes molekuler untuk dihadirkan di NTT.

“Saya berharap dengan adanya alat tes ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mempercepat kegiatan 3T yaitu Test, Trace dan Treat,” ujar David Mandala.

Tidak hanya pemeriksaan tes cepat molekuler isothermal, Siloam Kupang dan Labuan Bajo juga memiliki berbagai macam jenis pemeriksaan COVID-19 yang sudah dijalankan yaitu seperti Tes Antibodi (rapid dan serologi), tes antigen (swab antigen), hingga molekuler test (isothermal).

(mbn01/*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed