oleh

Siapkan Perwali Pendirian Rumah Ibadah, Jeriko Pastikan Kupang Jadi Rumah Kerukunan

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang menggelar Sosialisasi Draft Peraturan Wali Kota (Perwali) Tentang Pembagunan Rumah Ibadah. Kegiatan ini berlangsung di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Jumat (21/8/2020) sore.

Pada kegiatan tersebut, hadir Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore bersama seluruh oimpinan umat beragama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang, Komunitas Peace Maker Kupang (Kompak) serta beberapa lembaga sosial masyarakat.

BACA JUGA: Jeriko Letakkan Baru Pertama Pembangunan Gedung Gereja Anugerah Bethesda Marturia Manulai II

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jeriko menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama adalah sesuatu yang telah menjadi tradisi lokal Kota Kupang, di mana telah terbina sejak masa yang lalu sebelum terbentuknya daerah otonom Kota Kupang.

Oleh karena itu, Perwali yang akan diluncurkan ini sebagai suatu upaya mempertahankan kerukunan atau toleransi yang telah melekat hingga saat ini. “Ini merupakan terobosan terbaru yang menjadi cita-cita kita bersama agar kota ini menjadi rumah besar persaudaraan kita,” katanya.

Menurutnya, terdapat beberapa komponen yang menjadi dasar terlaksananya Perwali itu, yakni kerukunan antaragama adalah kearifan lokal Kota Kupang yang menjadi motivasi agar bisa merawat toleransi sebagai payung hukum agar dapat berjalannya negara.

Ia mengatakan, pemerintah wajib memfasilitasi proses perizinan setiap pembangunan rumah ibadah, agar ke depannya setiap pelayanan agama dapat berjalan secara baik. “Jadi kalau Perwalinya sudah ada maka jangan ragu semua akan dijamin,” ucap Jefri.

Mantan Anggota DPR RI dua Periode ini mengatakan Perwali ini menekankan semua tokoh agama sebagai garda terdepan dalam mengatasi berbagai perbedaan persepsi yang bisa berpotensi merusak kerukunan yang telah terbina. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed