oleh

Sudah Ada Smart City, Pimpinan Gaptek bakal Diganti

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang sudah resmi memulai Gerakan Smart City, Kamis (11/7/2019). Launching smart city dilakukan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Hotel Neo Aston. Acara ini dihadiri para pimpinan OPD dan pimpinan instansi lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menyentil para pimpinan OPD. Ia mengatakan dengan dimulainya Gerakan Smart City, maka semua pimpinan OPD wajib beradaptasi dengan program ini. Semua pimpinan OPD harus bisa ramah teknologi alias tidak boleh gaptek (gagap teknologi). Pasalnya, dia harus bisa mengoperasikan berbagai program yang mulai berbasis digital.

Iklan Dimonium Air

Ia meminta semua pimpinan OPD wajib bisa mengoperasikan komputer dan smartphone. Pasalnya, program-program pemkot sudah harus berbasis digital. “Nanti kita tidak pakai lagi pejabat yang tidak bisa pake smartphone. Kalau tidak bisa (pakai smartphone) kita minta yang lain. Kita tegas. Siapa yang tidak bisa, out,” tegas wali kota.

Ia mengatakan dengan berbasis digital maka penilaian dilakukan secara fair. Tidak ada lagi like and dislike. Sebab ada tim penilai yang akan menilai menggunakan system yang sudah ada. “Kalau pegang komputer kayak mau gempa, yang begitu kita ganti tahan dulu,” kata Jefri.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Balina Uly mengatakan Kota Kupang masuk dalam program smart city karena dilihat dari beberapa indicator, seperti kemampuan keuangan, indeks kota hijau, indeks pemerintahan, dan visi kepala daerah. Sebanyak 165 kota memasukkan data-datanya kemudian dilakukan assessment. Luar biasanya, kata Balina, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengikuti assessment secara langsung. “Karena beliau sangat konsen terhadap smart city,” kata Balina.

Oleh karena itu, Kota Kupang terpilih menjadi salah satu dari 25 kota di antara 165 yang mendaftar untuk menggenapi 100 smart city. Kemudian, tanggal 15 Mei 2019 lalu, wali kota Kupang bersama 24 wali kota lainnya menandatangani MoU penerapan smart city di Jakarta. (rnc01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed