oleh

Peringati Hardiknas 2021 di SDH, Wali Kota Kupang Komit Tingkatkan Kualitas Guru

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menghadiri acara Hari Ulang Tahun ke 135 Kota Kupang sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 tingkat Kota Kupang, Senin (3/5), bertempat di Aula Gedung Sekolah Dian Harapan (SDH) Kupang.

Pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas 2021 yang bertema Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar itu menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah undangan yang hadir sebanyak 30 orang terdiri dari kepala sekolah dan guru SDH, sedangkan undangan lainnya mengikuti secara virtual.

Iklan Dimonium Air

Wali Kota ketika membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa ini merupakan kali kedua upacara peringatan Hardiknas dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, masa-masa sekarang memang tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta semua yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang melanda dunia.

Lebih lanjut, dalam sambutan yang dibaca Wali Kota, Mendikbudristek menekankan kepada anak-anak Indonesia agar menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

BACA JUGA: Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Kenakan Busana Adat Rote saat Upacara Hardiknas 2021

Selain itu, Menteri Makarim menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah berjerih lelah membuat terobosan Merdeka Belajar dengan sasaran seluruh masyarakat, mulai dari pendidik dan pelajar dari PAUD sampai pendidikan tinggi, orang tua, pemerintah daerah hingga dunia usaha dan dunia industri.

Di akhir sambutannya, Mendikbudristek berpesan untuk perlu memahami bahwa pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus dilalui bersama. “Ketahuilah tidak ada tantangan yang tidak dapat dihadapi bangsa yang besar ini jika kita bergotong-royong. Bahwa dengan bergotong royong upaya kita untuk mewujudkan Merdeka Belajar akan semakin cepat terlaksana demi satu tujuan: SDM Unggul, Indonesia Maju,” tutupnya.

Baca Juga:  Wujudkan Toleransi, Pemkot Kupang Berbagi Takjil di Sejumlah Masjid

Seusai membaca sambutan Mendikbudristek, Wali Kota Kupang berkesempatan memberikan arahannya. Ia mengatakan Pemerintah Kota Kupang tetap berkomitmen untuk tetap meningkatkan kualitas pendidikan pada semua jenjang, khususnya pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut Pemkot Kupang berupaya untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidikan, meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam memperoleh pendidikan serta meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.

Lebih lanjut ia menjelaskan hal ini tampak dalam berbagai program inovasi yang dilakukan Pemkot Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang antara lain menyiapkan anggaran untuk melakukan diklat penguatan dan diklat calon kepala sekolah, menyiapkan anggaran transport bagi pendidik dan tenaga kependidikan tidak tetap yang telah mengabdi di atas 5 tahun. Pemkot Kupang juga akan terus berupaya untuk mempertahankan program pemberian seragam gratis bagi anak sekolah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Kupang dan foto bersama. Turut hadir mendampingi Wali Kota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si serta para Kepala Bidang pada dinas terkait, Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si, para Kepala Sekolah pendidikan dasar dan menengah se-Kota Kupang, baik yang hadir secara langsung maupun virtual.

(*/pkp/rnc)

  • 58
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed