oleh

Sebanyak 23 Pelajar Asal Kolbano-TTS Dapat Studi Gratis di IAKN Kupang

Iklan Covid Walikota Kupang

SoE, RNC – Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional, sebanyak 23 pelajar asal Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), mendapat bantuan biaya pendidikan untuk melanjutkan studi di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang.

Ke-23 pelajar tersebut merupakan siswa Kelas XII yang telah melewati semua tahapan strata pendidikan menengah atas dan telah dinyatakan lulus dari SMTK Manekat Se’i, Kecamatan Kolbano.

Iklan Dimonium Air

Pantauan RakyatNTT.com, seremoni pengumuman hasil ujian dan syukuran bersama dilangsungkan di gedung SMTK Manekat Se’i, Senin (3/5/2021). Hadir dalam kegiatan itu, Pemerintah Desa Se’i, pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten TTS yang diwakili oleh pengawas sekolah, tokoh adat dan Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Natonis.

Kepala SMTK Manekat Se’i, Charles Nabunome, S.Pd mengatakan, hasil yang dituai saat ini menjadi bukti kekompakan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak dalam proses selama tiga tahun.

“Ini merupakan keberhasilan bersama baik itu pengelola sekolah, orang tua wali, Kementerian Agama, tokoh gereja maupun pemerintah setempat, sehingga patut kita syukuri dan terus kita tingkat prestasi ini agar ke depan menjadikan kita lebih baik dari sekarang,” ujar Charles.

Charles juga mendorong para siswa untuk tidak berhenti belajar. Ia meminta 23 siswa yang tamat dari SMTK Manekat Se’i bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekalipun ekonomi keluarga tidak mendukung, Charles berharap hal itu tak mematikan semangat dan cita-cita para alumni. Sebab, menurutnya, apa yang diraih saat ini, bukanlah akhir dari perjuangan. Namun menjadi langkah awal dalam mengisi bekalan ilmu untuk kehidupan dan kesejahteraan yang dicita-citakan Bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Kunjungi TTS, Gubernur NTT Ingin SMK Berkolaborasi dengan Pemerintah

“Ini merupakan awal bagi kalian untuk mulai meniti masa depan yang penuh harapan. Keadaan ekonomi bukan menjadi batu sandungan untuk menghentikan langkah tetapi kalian harus gigih melawan keadaan untuk meraih cita-cita menjadi berguna bagi semua orang,” ungkap Charles.

Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Natonis pada kesempatan itu, memotivasi para lulusan untuk terus berusaha menggapai cita-cita mereka. Menurutnya, ketekunan dalam belajar menjadi kunci keberhasilan.

“Saya mengimbau agar semangat menjemput masa depan yang cemerlang itu tidak padam. Sedikit cerita, dulu saya tidak pernah bermimpi untuk menjadi rektor tetapi karena saya gigih mengenyam pendidikan sehingga saat ini seorang anak kampung dari Fatu’ulan menjadi pemimpin universitas yang akan melahirkan banyak orang pintar di daerah ini,” ucap Harun.

Harun pun memberikan beasiswa untuk ke-23 siswa yang lulus dari SMTK Manekat Se’i untuk bisa melanjutkan kuliah di IAKN Kupang. “Saya memberikan hadiah kepada lulusan SMTK Manekat Se’i berupa beasiswa untuk kuliah di Institut Agama Kristen Negeri Kupang. Dengan demikian, kendala ekonomi tidak menjadi penghalang lagi untuk meraih gelar sarjana,” ungkap Harun.

Mewakili orang tua siswa, Mama Nenotek menyampaikan apresiasi dan rasa syukur kepada para guru yang telah mendidik anak-anak mereka. Mereka menyadari betul pentingnya pendidikan dan juga peranan guru dalam mencerdaskan anak-anak di tempat itu.

“Dengan kehadiran kepala sekolah bersama rekan guru tanpa kecuali memberikan jasanya untuk membimbing anak-anak kami untuk menjadi lebih baik. Kami mendoakan semua guru bersama kepala sekolah agar senantiasa dilindungi,” ungkapnya. (rnc21)

  • 4.8K
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed