oleh

Tahapan Pilkada Dilanjutkan 15 Juni, Bagaimana Kesiapan Penyelenggara di NTT?

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang terhenti akibat Covid-19, akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang.

Hal itu tertuang dalam draf Peraturan KPU (PKPU) perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yang dalam waktu dekat akan segera disahkan.

Seperti apa kesiapan penyelenggara Pilkada di NTT, khususnya di 9 kabupaten? Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Dohu yang diwawancara RakyatNTT.com, Rabu (3/6/2020), mengatakan selama ini pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPU di 9 kabupaten yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

“Koordinasi dilakukan terutama terkait tahapan pemilihan yang akan dilanjutkan dengan tetap mengikuti protokol covid-19. Khususnya terkait dengan bentuk kegiatan yang akan dilakukan,” ujar Thomas.

“Demikian juga perhitungan rancangan kebutuhan kegiatan tahapan yang berstandar covid,” sambung mantan komisioner KPU Kabupaten Manggarai Barat itu.

Thomas mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu pengesahan PKPU perubahan yang mengatur kembali tahapan, program dan jadwal yang nantinya akan diimplementasikan sesuai dengan protokol covid-19.

“Kami masih menunggu peraturan KPU mengenai standar pemilihan yang sesuai dengan protokol covid. Untuk implementasinya, tentu akan disosialisasikan ke semua pihak terkait,” katanya.

Menurut Thomas, ada beberapa tahapan yang sempat terhenti, akan dilanjutkan kembali dalam waktu dekat oleh KPU di masing-masing kabupaten/kota. Antara lain, pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara), pembentukan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), verifikasi faktual dukungan calon perseorangan serta pencocokan dan penelitian data pemilih.

“Kita berusaha memaksimalkan kualitas penyelenggaraan dan tetap sesuai tata cara pemilihan,” tandasnya saat disinggung mengenai kualitas penyelenggaraan tahapan Pilkada, khususnya berkaitan dengan kualitas data pemilih.

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Di NTT, ada 9 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada. Yaitu, Kabupaten Malaka, Belu, Timor Tengah Utara (TTU), Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Barat, Ngada, Manggarai dan Manggarai Barat.

Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, tahapan Pilkada sempat dihentikan sementara. (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed