oleh

Umbu Gillbert Kabunang, Drifter Muda Asal NTT Juarai Seri I Kejurnas Drift Championship 2024

Bogor, RNC – Umbu Gillberth Kabunang kembali menunjukan kebolehannya di ajang Drift. Kali ini drifter muda berusia 17 tahun asal NTT itu menjadi jawara seri I Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drift Championship 2024 yang digelar di Sentul Otopark, 22-23 Juni 2024.

Pada seri I Kejurnas Drift Championship 2024, putra pengacara Umbu Kabunang Rudyanto itu berhasil mencetak brace atau dua kemenangan beruntun, baik round 1 maupun round 2.

Tak hanya berhasil menyisihkan 15 drifter lain, Umbu Gilbert juga sukses mengalahkan Emmanuelle Adwitya Amandio, drifter kompetitornya yang punya pengalaman 20 tahun menjadi drifter dan pernah menjadi juara dunia.

Kejurnas Drift Championship ini merupakan garapan Belklo Motorsport Championship yang digelar selama empat seri. Untuk seri pertama dihelat di Sentul Otopark by Belklo selama dua ronde, Sabtu-Minggu (22-23 Juni 2024). Ada tiga kategori yang diikuti, yakni Pro, Pro 2, dan New Gen. Kelas Pro tentu paling menarik diikuti mengingat empat drifter yang turun adalah mereka yang berpengalaman dan punya nama besar.

Nama beken Umbu Gillberth Kabunang sudah melejit sejak beberapa tahun terakhir. Pasalnya, putra sulung pasangan Umbu Kabunang Rudiyanto dan Wiwiek Nawa Sondagi itu teruji dan menantang para jagoan drift Tanah Air seperti Emanuelle Amandio, Firenze Akello, dan Rocca Schwarz.

Skill tarung yang dimiliki Umbu Gillberth berkat dukungan penuh sang ayah Umbu Kabunang Rudiyanto yang adalah Direktur Hukum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Selain itu Umbu Gillberth didukung pula oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. Melki Laka Lena adalah politisi Senayan asal NTT. Ia bangga karena Umbu Gillberth mengharumkan nama NTT di ajang Kejurnas.

Baca Juga:  Bamsoet Launching Seven Speed Motorsport Bentukan Al Ghazali yang Diperkuat Anak Muda NTT

Untuk diketahui, persaingan ketat sudah terjadi sedari sesi kualifikasi Kejurnas 2024. Umbu Gillberth mendapatkan Qualifier dengan 79,20 points dalam ronde pertama, Sabtu (24/6/2024).

Di babak 16 besar, dia mengalahkan Alvito Hardiato dari Belklo Racing Team. Masuk di babak 8 Besar, Umbu menyikat drifter Belklo lainnya yakni Amirul Taufek asal Malaysia. Masuk di babak empat besar, lagi-lagi drifter Belklo Racing Team ditaklukkan Umbu Gilberth Kabunang. Kali ini giliran Rocca Schwarze yang disikat sebelum masuk ke final menghadapi Firenze Akello dari Team Mechanic Guys.

Dilansir dari bola.com, Umbu Gillberth akhirnya tampil sebagai pemenang di ronde pertama. Modal bagus untuk Umbu menatap ronde kedua yang digelar, Minggu (23/6/2024). Umbu Gillberth senang sekali karena berhasil menyudahi puasa kemenangan lebih dari setahun lamanya. Banyaknya problem di mobil menghambat laju drifter muda tersebut.

“Puji Tuhan, Umbu sangat senang dengan pencapaian Umbu kali ini. Karena sudah hampir setahun lebih tidak pernah podium karena kendala mobil. Terimakasih kepada Jajang Motorsport Crew, Coach Danny Ferdito, dan semua orang yang selalu mendukung dan mendoakan Umbu,” ujar Umbu Gillberth.

“Umbu sangat puas, akan berusaha untuk mendapatkan juara di lomba selanjutnya dan mempertahankan posisi pertama Kejurnas Standing Points sampai akhir tahun. Saya mengharapkan dukungan doa dari seluruh masyarakat NTT agar bisa menjuarai lagi kejuaraan lainnya dan round lanjutan nanti, untuk membawa nama besar IMI NTT,” katanya.

Bahkan Umbu Gillberth ingin membawa Seven Speed Motorsport jadi tim drifting terbaik di Indonesia.

IMI NTT Apresiasi Capaian Umbu Gilberth

Ketua IMI NTT, Gavriel Novanto mengaku bangga dengan capaian gemilang yang ditorehkan Umbu Gillberth Kabunang di Kejurnas 2024.

Baca Juga:  Bamsoet Launching Seven Speed Motorsport Bentukan Al Ghazali yang Diperkuat Anak Muda NTT

“Sebagai ketua IMI NTT saya ucapkan selamat kepada Umbu Gillberth. Kami sangat bangga terhadap prestasi Umbu Gillberth putra NTT yang membanggakan masyarakat Sumba khususnya Sumba Timur,” ujar Gavriel Novanto.

Gavriel Novanto berharap, prestasi Nasional yang digapai Umbu Gillberth bisa menjadi contoh yang baik untuk putra-putri NTT yang lain.

“Ke depan Umbu Gillberth bisa lebih aktif juga mementorkan pembalap lain dari NTT. Tetap berjuang, jangan patah semangat, terus raih prestasi dan jangan lupa untuk memberi contoh yang baik untuk anak-anak atlet di NTT,” ujarnya.

Politisi muda Golkar yang berhasil meraih satu kursi di DPR RI dari Dapil NTT 2 pada Pemilu Legislatif Pebruari 2024 lalu ini berpesan kepada drifter muda NTT yang lain agar tetap semangat dan terus berlatih.

“Karena Umbu Gillberth telah membuka jalan dan bisa membuktikan bahwa anak-anak NTT bisa berprestasi di Tingkat Nasional. Tinggal kerja keras, jangan patah semangat,” ujar Gavriel Novanto. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *