oleh

Cegah Covid, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Taat Prokes

Bajawa, RNC – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Seiring dengan perkembangan kasus Covid- 19 di Indonesia, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melaksanakan kegiatan KKN tahun 2021 dengan metode pengabdian secara terpisah di kampung halaman masing-masing mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan KKN berlangsung sejak tanggal 4 Januari sampai 16 Februari 2021. Selama KKN, sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap mahasiswa untuk membuat suatu program sesuai dengan tema yang diusung dan sesuai dengan bidang keilmuannya. Adapun tema KKN kali ini yakni “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)”.

Salah satu mahasiswa Undip Semarang yang kini tengah menjalani KKN yakni Yohanes Emanuel Ruba. Mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Lingkungan (FKM) itu melaksanakan KKN di RT 05 RW 02, Kelurahan Benteng Tengah, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Sejalan dengan tema KKN di atas, mahasiswa yang akrab disapa Yoman itu berusaha agar masyarakat setempat taat akan protokol kesehatan (prokes) guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Kegiatan sosialisasi taat prokes dijalankan Yoman secara door to door sejak tanggal 11-16 Januari 2021. Program ini sendiri bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar disiplin serta patuh dalam menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran atau imbauan dari pemerintah. Selain memberikan edukasi tentang taat protokol kesehatan, Yoman juga membagikan sejumlah masker medis kepada masyarakat yang rumahnya dikunjungi.

Masyarakat diminta sedini mungkin untuk melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penularan guna mencegah penyebaran Covid-19. Adapun rotokol kesehatan dijalankan dengan menerapkan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Baca Juga:  Jelang Pilkada, Pengurus Partai Demokrat Ngada Tuntut Berhentikan Ketua DPC

“Saya berharap masyarakat tidak lalai dalam melaksanakan protokol kesehatan sehingga resiko penularan Covid- 19 dapat dicegah,” ungkapnya. (*/rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *