oleh

Dua Cakades di Rote Sama-sama Raih 160 Suara, Begini Cara Penentuan Pemenangnya

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Pada penghitungan ulang suara Pilkades Daiama, Kecamatan Landu Leko, yang dilaksanakan oleh Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Sabtu (30/1/2021), ada dua calon bersaing ketat dalam perolehan suara.

Cakades nomor urut 1 atas nama Selfester Mesa, S.Pi dan Cakades nomor urut 5 atas nama Heber L. Ferroh mendapat jumlah suara yang sama. Keduanya sama-sama mendapat 160 suara. Sedangkan calon lainnya, ri Junizer Anakay mendapat 106 suara, Demetrius Forah 45 suara, dan Jacob Sostenes Leoh 38 suara.

Iklan Dimonium Air

Karena mendapat suara yang sama jumlahnya, maka panitia melakukan skoring berdasarkan penyebaran suara sah di tiap dusun. Hasil kedua Cakades juga mendapat nilai skor 2 atau sama-sama menang di dua dusun. Lagi-lagi draw.

Selanjutnya, dilakukan penghitungan terhadap penyebaran perolehan suara sah pada dusun yang memiliki suara sah terbanyak, maka panitia menetapkan Cakades nomor urut 5 atas nama Heber L. Feroh sebagai pemenang Pilkades Daimana.

BACA JUGA: Hitung Ulang Suara Pilkades di Rote, Pemenangnya Berubah

Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Rote Ndao, Jeki K. Patola yang memandu hitung ulang surat suara Cakades Daiama, usai penandatanganan berita acara menjelaskan panitia mengacu pada Perda Nomor 08 Tahun 2019 sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2020 bahwa apabila terdapat perolehan suara yang sama, maka dilakukan skoring berdasarkan sebaran suara untuk jumlah suara sah pada setiap dusun. Namun setelah dilakukan skoring hasilnya kedua Cakades sama-sama memperoleh nilai yang sama juga, dimana keduanya sama-sama memperoleh suara terbanyak di 2 dusun dari total 4 dusun yang ada, maka panitia mengacu pada Perbup No 6. 2020. Dilihat lagi penyebaran untuk suara sah pada dusun yang memiliki suara sah paling banyak. Setelah dihitung maka Cakades nomor urut 5 atas nama Heber L. Feroh menjadi pemenang. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed