oleh

Hitung Ulang Suara Pilkades di Rote, Pemenangnya Berubah

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (30/1/2021) menggelar penghitungan ulang suara Pilkades di 4 desa, yakni Desa Pilasue, Daleholu, Daiama dan Oenggae. Proses penghitungan ulang dibagi dalam 2 sesi, bertempat di Auditorium Ti’ilangga, Kompleks Perkantoran Bumi Ti’i Langga Permai, Ba’a.

Pada sesi 1 dilakukan penghitungan suara ulang untuk desa Pilasue dan Daleholu. Desa Pilasue yang berhasil diselesaikan penghitungan ulangnya lebih dahulu. Hasil perolehan masing-masing calon sebagai berikut:
1. Polce M. Manafe, S.Pd : 152 suara
2. Yoliansi Y. Ch. Dethan, SE: 166 suara
3. Hanoch S. Lusi: 52 suara

Iklan Dimonium Air

Dengan demikian cakades nomor urut 2 dinyatakan sebagai pemenang Pilkades Pilasue.

BACA JUGA: Pilkades di Rote Ndao: 2 Desa PSU dan 4 Desa Hitung Ulang

Namun setelah panitia membaca berita acara untuk dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, calon nomor urut 1 atas nama Polce M. Manafe, yang pada Pilkades 19 Desember lalu unggul dengan 245 suara, mengajukan keberatan kepada panitia Pilkades. ia mengatakan dirinya tidak menolak atau menerima hasil hitung ulang hari ini, namun ia meminta waktu untuk berurusan dengan panita Pilkades tingkat desa, karena sesuai keputusan Bupati, bahwa panitia Pilkades tingkat desa menyalahi aturan dan disanksi sehingga ia merasa dirugikan sebagai calon kades.

Cakades nomor urut 1 ini juga mengatakan ia bersama saksinya tidak bersedia menandatangani berita acara hasil hitung ulang suara, namun bukan berarti menolak hitung ulang hari ini.

Perlu diketahui hasil Pilkades Pilasue pada 19 Desember lalu yang berhasil dihimpun dari panitia kabupaten adalah:
1. Polce M. Manafe, S.Pd: 245 suara
2. Yoliansi Y. Ch. Dethan, SE: 221 suara
3. Hanoch S. Lusi: 72 suara

Cakades nomor urut 1 unggul 24 suara dari Cakades nomor urut 2, namun dengan hitung ulang hari ini calon nomor urut 2 unggul dan dinyatakan sebagai pemenang. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed