oleh

Hitung Ulang Suara Pilkades di Rote, Cakades Ini Optimis Tetap Menang

Iklan Covid Walikota Kupang

Ba’a, RNC – Jumat (29/1/2021), Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu mengeluarkan keputusan untuk penghitungan ulang suara Pilkades di 4 desa di Rote Ndao. Salah satunya adalah Desa Oenggae, Kecamatan Pantai Baru.

Calon Kepala Desa (Cakades) Oenggae yang mendapat suara terbanyak pada Pilkades 19 Desember 2020 lalu, Amirul Kasopa kepada RakyatNTT.com, mengatakan ia mematuhi keputusan yang diambil oleh Bupati Rote Ndao. Pasalnya, keputusan tersebut telah melalui kajian panitia Pilkades tingkat kabupaten terhadap gugatan hasil Pilkades.

Iklan Dimonium Air

Ia juga mengapresiasi kerja keras panitia Pilkades karena keputusan penyelesaian sengketa keluarnya lebih cepat dari jadwal yakni tanggal 4 Februari 2021.

Terkait penghitungan ulang surat suara yang akan dilakukan Sabtu (30/1/2021) besok, Amirul mengatakan dirinya tetap optimis menjadi pemenang pilkades. Menurutnya, bisa saja perolehan jumlah suara bisa berubah, tap ia yakin takkan mengubah hasil pilkades. “Saya tetap optimistis bahwa angka perolehan boleh berkurang, tapi tidak mungkin akan merubah hasil keunggulan saya,” katanya.

BACA JUGA: Pilkades di Rote Ndao: 2 Desa PSU dan 4 Desa Hitung Ulang

Menurut Amir, gugatan penggugat (Marselinus Mesah) yang merupakan peraih suara terbanyak ke-3, salah satu gugatannya adalah coblos simetris yang dinyatakan sah dalam penghitungan suara. Ini yang menjadi dasar laporan pengaduan yang berujung penghitungan ulang suara. Sedangkan laporan lainnya tidak dikabulkan sehingga tidak terjadinya penundaan Pilkades seperti 2 desa lainnya, yakni Fatelilo dan Pengodua.

Ia juga berharap proses penghitungan ulang suara besok dapat berjalan aman dan damai sesuai harapan dan tidak menimbulkan sengketa lagi di kemudian hari.

Perlu diketahui, dari data yang dihimpun RakyatNTT.com, pada Pilkades Oenggae 19 Desember 2020 lalu, Pilkades Oenggae diikuti 5 calon kades. Perolehan suara masing-masing calon sebagai berikut:
1. Amirul Kasopa: 183 suara
2. Laode M. Saleh, S.Pd: 15 suara
3. Marselinus Mesah: 147 suara
4. Melkianus Lena: 6 suara
5. Silsanus Koliana: 153 suara

(rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed