oleh

Gandeng FPRB-API, CIS Timor dan Humanity Inclusion Gelar Training PRB Inklusi

Kupang, RNC – CIS Timor bersama Humanity & Inclusion melalui Program “I AM SAFE” berkolaborasi dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim Kota Kupang (FPRB-API) menggelar Training Pengurangan Risiko Bencana Inklusi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Pos Kupang sejak 10-12 Desember 2020. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 28 orang yang adalah perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah Kota Kupang bersama berbagai organisasi kemasyarakatan termasuk organisasi disabilitas di Kota Kupang serta Polres Kupang Kota.

Dalam Training ini para peserta dikapasitasi terkait konsep inklusi sosial dan disabilitas serta konsep kebencanaan dan aplikasi “Pantas Cegah” yang dirancang oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi NTT untuk upaya penanggulangan covid-19. Selain dikapasitasi dengan berbagai konsep terutama tentang Inklusi Sosial dan Disabilitas, para peserta kemudian bersama-sama mendesain program kerja FPRB-API Kota Kupang untuk tahun 2021.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT Minggu Ini: Angka Positif Turun, Angka Kematian Naik

Program kerja yang dirancang menggunakan perspektif Inklusi sehingga diharapkan kelompok rentan termasuk orang dengan disabilitas mendapatkan perlindungan dan perlakuan yang sesuai saat terjadi bencana. Harapannya segala perencanaan pembangunan sudah mulai menggunakan perspektif inklusi sehingga orang dengan disabilitas dan kelompok rentan lainnya terakomodir dalam berbagai perencanaan pembangunan.

Program “I AM SAFE” sendiri dilaksanakan oleh CIS Timor dan Humanity & Inclusion dengan dukungan dari Uni Eropa untuk respon terhadap pandemic covid-19 dengan fokus pada kelompok rentan yang ada di Kota dan Kabupaten Kupang. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed