oleh

Asyik!! Insentif Kartu Prakerja akan Cair Pekan Ini

Jakarta, RNC – Kartu Pra Kerja bukan cuma memberikan layanan pelatihan bagi pesertanya saja, program ini juga memberikan insentif bulanan kepada pesertanya. Namun, beberapa waktu ini insentif tersebut banyak yang belum cair, keluhan pun sudah banyak disuarakan para peserta.

BACA JUGA: Rekomendasi KPK, Hentikan Sementara Program Kartu Prakerja, Ada Apa?

Lalu, kapan sebenarnya insentif ini akan dicairkan? Menurut Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja M. Rudy Salahuddin, insentif yang mandek dicairkan ini diharapkan bisa dikeluarkan pada minggu ini.

Dia mengatakan saat ini untuk mencairkan insentif cuma menunggu restu Komite Cipta Kerja. “Ini akan segera dikeluarkan Minggu ini menunggu keputusan komite, sehingga tidak perlu menunggu proses verifikasi terkait oleh BPKP. Kita mohon dari komite untuk persetujuan insentif untuk orang-orang yang sudah menyelesaikan pelatihannya,” ungkap Rudy dalam konferensi pers virtual, Senin (22/6/2020).

Secara aturan peserta yang sudah berhasil menyelesaikan satu pelatihan dan mendapatkan sertifikat harusnya bisa mendapatkan insentif. Jumlahnya sendiri menurut Rudy ada 477.971 orang peserta dari 573.080 total peserta yang sudah masuk ke dalam program Pra Kerja.

“Saya sampaikan saat ini dari 573.080 yang telah mengikuti ada 477.971 peserta telah menuntaskan 1 pelatihan, dan menerima sertifikat,” papar Rudy.

Namun, yang sampai sekarang sudah mendapatkan insentif baru hanya 36.209 orang saja. “Namun yang menerima insentif baru 361.209 sehingga masih ada yang belum dibayarkan,” ujar Rudy.

BACA JUGA: Soal Kartu Prakerja, Harus Diselidiki Lebih Dulu Ada Tidaknya Tindak Pidana Korupsi

Para peserta program Kartu Pra Kerja sendiri akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 juta per orang selama empat bulan. Rinciannya adalah bantuan untuk membayar fasilitas pelatihan sebesar Rp 1.000.000. Kemudian ada insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Kemudian ada insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan yang diberikan selama empat bulan. Insentif ini lah yang dikeluhkan banyak peserta telat cair.

(detikcom/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. Saya salah seorang pesertanya yang telah dipanggil dari Bank BNI yg telah mendapatkan buku Tabungan dan ATM dan belum ada saldonya yg masuk sampai saat ini,mohon diperhatikan

News Feed