oleh

Kasus Masuk Pengadilan, Jaksa Alihkan Jonas jadi Tahanan Kota

Kupang, RNC – Kasus pengalihan aset Pemkot Kupang dengan tersangka Jonas Salean sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Selasa (27/10/2020). Sementara itu, pagi tadi Jonas Salean dipulangkan karena statusnya dialihkan dari tahanan Rutan menjadi tahanan kota.

Penasehat hukum Jonas Salean, Yanto Ekon yang dikonfirmasi RakyatNTT.com mengatakan penangguhan penahanan sudah diajukan kepada pihak Kejati NTT. Namun, saat ini statusnya sudah diubah dari tahanan Rutan menjadi tahanan kota.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka Jonas Salean. Namun, karena penyidik Kejati NTT sudah melimpahkan kasus ke Pengadilan Tipikor Kupang. “Jadi kami masih menunggu perkembangan selanjutnya seperti apa. Kalau sudah naik ke pengadilan berarti kami tidak maju, tapi kalau belum kami tetap lanjut,” kata Yanto.

BACA JUGA: Jonas Salean dan Thomas More Resmi Tersangka Kasus Pengalihan Tanah Pemkot

Terpisah, Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim yang dikonfirmasi mengatakan tidak ada penangguhan penahanan terhadap Jonas Salean. Status tahanannya dialihkan dari tahanan Rutan menjadi tahanan kota. “Tidak ada penangguhan, tapi dialihkan jadi tahanan kota,” kata Hakim.

Menurut Hakim, pengalihan penahanan tersangka Jonas Salean menjadi tahanan kota, murni karena pertimbangan kemanusiaan. “Tidak ada intervensi dari pihak manapun,” katanya.

Untuk diketahui, Jonas Salean ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejati NTT dan ditahan di Rutan Klas IIB Kupang pada Kamis (22/10/2020). Ia dinilai bertanggungjawab dalam kasus pengalihan aset tanah milik Pemkot Kupang untuk pejabat dan mantan pejabat Pemkot Kupang, termasuk pimpinan dan anggota DPRD Kota Kupang.

(rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed