oleh

Mahasiswi UNTAG Edukasi Ketahanan Pangan di Desa Bidoa

 

Mbay, RNC – Masa pandemi Covid 19, ikut berdampak pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) seorang mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Namun, bagi Yuliana N. Pesa, hal itu bukanlah halangan. Dia lalu melakukan upaya edukasi ketahanan pangan, di Desa Bidoa, RT/10.

Kegiatan ini bertemakan “Proyek Kemanusiaan” sebagai wujud Kuliah Kerja Nyata tahun 2022, yang dilaksanakan selama 12 hari. Langkah edukasi ini disambut baik warga RT/10, Desa Bidoa, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo.

Yuliana N. Pesa menjelaskan, kegiatan edukasi ketahanan pangan yang dilakukan di Desa Bidoa, bertujuan memacu semangat masyarakat untuk bisa mengolah lahan pekarangan sekitar, serta ketahanan pangan dalam keluarga.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilakukan selama 12 hari, dan dilakukan dimasa pandemi. Sehingga, pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata dengan tema proyek kemanusiaan tersebut, dilakukan di daerah masing -masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Yuliana yang biasa disapa Yuli ini menyebutkan, sosialisasi yang dilakukan melibatkan narasumber yang berpengalaman di bidang ketahanan pangan, yakni Sebastianus Tola, SP.

“Beliau sangat memiliki keahlian di bidang pangan, dan beliau juga pernah menjadi pendamping lapangan di Yayasan LSM YMTM di Mbay, sejak tahun 2003 – 2005,” kata Yuli sembari menyebutkan hastag yang bisa dihubungi, yakni : #UntagSurabaya
#KitaUntagSurabaya#untuk indonesia#UntagSurabayaKeren#EcoCampus#KampusKompeten
Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik ini menambahkan, tidak hanya penyampaian sosialisasi, dia juga bersama masyarakat melakukan kegiatan pengolahan pekarangan mini untuk ditanami bibit sayuran.

Setelah proses pengolahan selesai, bibit lalu dibagikan untuk ditanam pada kegiatan tersebut. Masyarakat diminta untuk aktif dan saling bekerja sama, guna memanfaatkan pekarangan yang ada. Sehingga tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan pangan. Kegiatan ini berlangsung sejak 7 – 18 Desember 2021 lalu. (rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *