oleh

Resmikan Kantor Lurah, Bupati Nagekeo Ingatkan soal Perang terhadap Stunting

Mbay, RNC – Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do mengatakan hal terpenting dalam kehidupan masyarakat adalah SDM. Oleh karena itu, hal ini menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini.

Hal tersebut dijelaskan Bupati Don saat meresmikan kantor Kelurahan Nagesapadhi di Kecamatan Boawae, Jumat (27/01/2023).

“Saat ini banyak petani yang merelakan lahannya dikelola orang lain. Bahkan sampai digadaikan. Sebetulnya dia tidak bisa mengelola, tata kelolanya gagal dan yang paling bertanggung jawab itu pemerintah,” ujarnya.

Bupati Don juga menyampaikan beberapa catatan penting. Pertama; soal stunting. Don mengajak masyarakat Kelurahan Nagesphadhi untuk memperhatikan tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus bangsa.

Menurutnya, stunting menjadi perhatian khusus yang harus terus diperangi sejak dini hingga serendah mungkin ditekan jumlahnya dengan senantiasa memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat. “Perhatikan anak keturunan kita, remaja, ibu hamil, ibu menyusui. Saat ini untuk di Provinsi NTT kita stunting yang paling rendah. Kita tekan di bawah 5 bahkan jadi 1 (persen) serendah mungkin,” pesan Don Bosco.

Dalam pola asuh anak sejak usia dini, Bupati Don berpesan kepada para orang tua agar tidak hanya memperhatikan kesehatan otak dan fisik, tetapi juga mesti diimbangi dengan perilaku (tata krama) anak mulai dari dalam rumah.

“Anak yang otaknya bagus, ototnya juga bagus dan atenya (hati) juga bagus. Harus sejalan ote (otak), ate (hati), otot,” pesan Bupati Don.

Turut hadir dalam acara ini Camat Boawae Vitalis Bai, unsur Forkopimcam Kecamatan Boawae, Lurah Nagesapadhi dan jajarannya, para tokoh adat, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Untuk diketahui, pembangunan Kantor Lurah Nagesapadhi merupakan proyek Pemkab Nagekeo yang dianggarkan melalui Dinas PUPR Bidang Cipta Karya tahun 2022 senilai Rp 360 juta.

Kegiatan peresmian tersebut didahului dengan ibadah sabda dipimpin Pastor Pembantu Paroki Boawae Romo Paulus Bongu. Usai ibadah dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. (rnc15)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *