oleh

Prihatin SD Negeri Manune yang Beratap Daun, Kodim 1618/TTU Turun Tangan

Iklan Covid Walikota Kupang

Kefamenanu, RNC – Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Manune di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sejak tahun 2014 lalu hingga 2021 sangat memprihatinkan.

Bagaimana tidak, kondisi atap yang terbuat dari daun lontar dan berdinding bebak tampak sangat tidak layak sebagai tempat belajar mengajar. Hal ini membuat Kodim 1618/TTU harus turun tangan membantu pemerintah melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) demi mewujudkan alkselerasi pembangunan masyarakat bidang pendidikan.

Iklan Dimonium Air

“Sekolah ini (SDN Manune) dibangun sejak tahun 2014 lalu dan digunakan oleh warga dua dusun karena anak mereka saat sekolah kesulitan mau ke sekolah. Harus berjalan kaki dua sampai tiga kilometer menuju ke SD Motadik,” jelas Camat Biboki Anleu Alexander Tabesi kepada RakyatNTT.com usai pembukaan kegiatan Pra-TMMD ke-110 di depan SDN Manune, Senin (15/2/2021) siang.

BACA JUGA: Covid-19 Mengancam, Sat Pol PP TTU Rutin Operasi Prokes

Lebih jauh Alex Tabesi menjelaskan, kepala desa dan warga setempat bersepakat untuk membangun sekolah darurat. Namun, setelah dibangun sejak tahun 2014 hingga telah memasuki usia yang ketujuh di tahun 2021 ini masih dalam keadaan darurat. Masih sangat memrihatinkan. “Sudah beberapa kali kita ajukan melalui musrenbang kabupaten tapi sampai dengan tahun lalu (2021) juga belum terealisir,” jelas mantan camat Musi ini.

Dikatakannya, warga dua dusun di Desa Motadik yang menggunakan sekolah tersebut yakni warga dusun Bokon dengan Duaun Audiak. “Status sekolah ini oleh pemerintah sudah menjadi sekolah negeri. Untuk status guru yang PNS ada tiga orang sementara yang yang sisanya adalah guru PTT. Untuk jumlah siswa ada 90 orang,” jelasnya.

Camat Biboki Anleu, Alex Tabesi memberikan apresiasi dan ucapan limpah terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodim 1618/TTU yang telah memilih SDN Manune sebagai sasaran TMMD di tahun 2021 ini, “Pemerintah kecamatan Biboko anleu sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI khususnya bantuan dari Kodim 1618/TTU dan bersama dengan pemda khususnya dinas PMD. Tidak hanya bantu bangun sekolah tapi jalan menuju sekolah juga diperbaiki,” ungkapnya.

BACA JUGA: Buser Polres TTU Gerebek Judi Bola Guling di Noepesu

Untuk diketahui, turut hadir dalam pembukaan Pra TMMD tersebut yakni Camat Biboki Anleu, Alexander
Tabesi, Pasi Ter Kodim 1618/TTU, Kapten Inf Agus Ahang, Danramil 1618-06/Bian, Lettu inf I Wyn Saputra, Kapala desa Motadik, Ambrosius Ulu dan Kapala SDN Manune, Fredisius Obe serta anggota. Kodim 1618/TTU sebanyak 15 orang dan masyarakat setempat 75 orang. Kegiatan diawali dengan acara adat dan dilanjutkan pembongkaran gedung SD yang lama, pengukuran dan pemasangan patok lokasi. (rnc17)

  • 775
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed