oleh

89 Warga Sudah Diberi Vaksin AstraZeneca, Hari Ini 2.000 Vaksin Masuk Lagi

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Sebanyak 2.000 vaksin covid-19 merk AstraZeneca bakal didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kota Kupang. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yakin vaksinasi untuk mencegah penularan covid-19 akan berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan NTT, Messerasi Ataupah di ruang kerjanya, Rabu (31/3/2021) sore. Kepada RakyatNTT.com, Messe menyampaikan pelaksanaan vaksin di Kota Kupang diyakini bakal berjalan baik. Hal itu diketahui pada tahap ke-2 termin pertama, antusias warga sangat tinggi untuk mendapatkan imunisasi. Vaksin yang bakal tiba di Kota Kupang adalah berjenis AstraZeneca.

Iklan Dimonium Air

Ia juga menyakini, seluruh petugas vaksin telah mengetahui cara vaksinasi yang baik, serta dipastikan akan dilakukan sesuai dengan aturan masing-masing jenis vaksin. Perbedaan jenis vaksin telah diketahui, yakni Sinovac jeda waktu antara dosis pertama setelah divaksin adalah 14 hari. Selanjutnya baru bisa vaksinasi dosis ke-2. Sementara AstraZeneca jeda waktunya adalah 28 hari.

“Jadi ketentuannya kayak gimana-gimana mereka (Petugas) sudah tahu. Yah kan beda juga Astra Zeneca kan 28 hari kalau Sinovac itu 14 hari. Itu bedanya,” jelasnya.

BACA JUGA: Dinkes Kota Kupang Terjunkan 150 Nakes Layani Vaksinasi di Balai Kota

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sry Wahyuningsih menjelaskan vaksin AstraZeneca akan tiba pada 1 April 2021 hari ini. Sebanyak 2.000 dosis akan diambil di gudang Dinkes NTT. Pelaksanaan vaksinasi pun akan dilaksanakan pekan depan.

“AstraZeneca itu pastinya akan ada di fasilitas kesehatan yang ada. Jadi kita tetap untuk saat ini prioritas pelayan publik dan warga lanjut usia,” ungkap Sry.

Ia juga menegaskan pelaksanaan vaksinasi dengan jenis Sinovac hanya dilakukan untuk warga yang telah menerima vaksin pada dosis pertamanya, sehingga tidak akan ada campuran vaksin berjenis lain.

Baca Juga:  Data Covid-19 NTT 11 Mei: Bertambah 62 Positif, 163 Sembuh dan 2 Meninggal

“Saat ini nanti Sinovac itu hanya untuk dosis ke-2, makanya nanti kita tidak memberikan Sinovac untuk dosis pertama,” jelasnya.

Dengan demikian, pelaksanaan vaksin ini akan dilakukan dengan teliti, sehingga seseorang yang telah menerima vaksin pertama dengan jenis Sinovac tidak akan mendapatkan vaksin AstraZeneca. Vaksin yang diberikan harus sejenis.

Sementara itu, dari data vaksinasi sejak 15 Januari-31 Maret 2021 yang diterima RakyatNTT.com, Bidang P2P Dinkes Kota Kupang mencatat ada 31.591 orang telah menerima vaksin dosis I, dan 12.475 orang baru menerima vaksin dosis II. Untuk saat ini masih ada 19.116 orang harus mengikuti vaksin dosis II untuk tahap vaksinasi nasional II.

Untuk diketahui, untuk vaksin AstraZeneca hingga saat ini sudah disuntikkan untuk 89 orang untuk tahap I. Vaksin ini baru diberikan untuk pelayan publik. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed