oleh

Calon Kades se-Kecamatan Pantai Baru, Rote Ndao, Deklarasi Kampanye Damai

Ba’a, RNC – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Rote Ndao, 19 Desember 2020 mendatang, dan memasuki masa kampanye 13-15 Desember 2020, Calon Kepala Desa dari 8 desa (Lenupetu, Oeledo, Fatelilo, Lekona, Ofalangga, Tesabela, Oenggae dan Tungamo) di Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao melaksanakan deklarasi kampanye damai. Acara ini bertempat di Aula Kantor Camat Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao.

Camat Pantai Baru, Fons Chris Saek, S.Sos mengatakan dalam rangka suksesnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) khusus di kecamatan pantai baru, Kabupaten Rote Ndao 19 Desember 2020, pihak kecamatan (Forkompincam) menginisiasi untuk melaksanakan deklarasi kampanye damai. Hal ini juga sesuai dengan rapat forkopimda yang menginstruksikan untuk dilaksanakan deklarasi kampanye damai.

Menurut Camat Fons, tujuan dari diadakannya deklarasi kampanye Damai yakni agar calon kades khususnya 27 calon kades di Kecamatan Pantai baru menaati seluruh aturan yang ada, baik Perda No. 08 tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa maupun Permendagri No. 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, yang menitikberatkan bagaimana bakal calon dan seluruh komponen yang terlibat langsung untuk mensukseskan Pilkades ini dengan menaati protokol kesehatan.

Selanjutnya, agar calon kades siap untuk menerima hasil menang atau kalah, dan dalam tahap kampanye dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan atau bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kapolsek Pantai Baru, Iptu Kornelius Tuati, dalam sambutannya mengharapkan calon kepala desa dalam tahapan kampanye menaati segala regulasi yang ada sehingga tidak menyebabkan gangguann Kamtibmas, terlebih patuh terhadap protokol kesehatan.

Lebih lanjut dikatakan Panitia Pilkades sebagai tolok ukur sukses tidaknya Pilkades. Oleh karena itu, ia mengharapkan kerja sama dan bangun komunikasi dan kordinasi serta kuasai regulasi yang ada, sehingga Pilkades dapat berjalan dengan aman dan damai.

BACA JUGA: 28 Calon Siap Bersaing di Pilkades Se-Kecamatan Pantai Baru, Rote Ndao

Terkait Protokol Kesehatan Covid-19 ia juga berpesan kepada calon kades dan panitia Pilkades agar calon kades mengingatkan simpatisan untuk datang ke TPS pada hari pencoblosan tanggal 19 Desember 2020 mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan lain sebagainya. “Karena kami akan menindak yang melanggar protokol kesehatan,” ujarnya.

Pantauan Rakyat NTT.com, deklarasi kampanye damai diikuti 25 calon Kades dari 8 desa. Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Camat, Alexander E. Tulle, SE, Lurah Olafulihaa, Jekson O. Tulle,AM.d, Ketua BPD dari 8 Desa yang ikut dalam pemilihan Kades, Tokoh Agama, Personil TNI Koramil 1627/02 dan Personil Polsek Pantai Baru serta ASN Kantor Camat Pantai Baru.

Perlu diketahui dari 27 calon kades yang tersebar di 8 desa di kecamatan pantai baru, 2 orang calon kades tidak hadir dalam deklarasi tersebut, masing-masing dari Desa Tesabela dan Desa Oenggae karena sedang tidak berada di tempat. Dengan demikian, yang ikut dalam deklarasi kampanye damai berjumlah 25 calon kades. Namun dari jumlah yang hadir 1 calon Kades dari Desa Tunganamo tidak bersedia menandatangani deklarasi kampanye damai karena menolak salah satu poin (poin 5) deklarasi kampanye damai. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed