oleh

Disperindag TTU Gelar Bimtek Pembuatan Cinderamata

Kefamenanu, RNC – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan cinderamata bagi 20 orang perwakilan kelompok Industri Kecil Menengah (IKM).

Bertempat di galeri Art Shop samping kantor Lurah Kefamenanu Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari terhitung, Selasa (23/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022).

banner BI FAST

Kepala Dinas Perindag Kabupaten TTU, Drs. Maksimus Akoit, M.S, saat diwawancarai media ini usai membuka kegiatan, menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bimbingan kepada kelompok-kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Disperindag TTU yang berada di desa.

“Memang tidak seluruhnya tetapi ada perwakilan dari kelompok-kelompok (IKM) yang kita sudah kita bentuk,” ujarnya.

Lebih lanjut Maksimus Akoit, menjelaskan, kegiatan Bimtek tersebut merupakan hasil usulan dan permintaan dari desa agar bisa ditindaklanjuti oleh Disperindag Kabupaten TTU, dalam rangka pengembangan IKM ke depan.

Dikatakannya, peserta yang direkrut untuk mengikuti kegiatan Bimtek tersebut berjumlah 20 orang yang merupakan perwakilan dari desa dan kelurahan yang menyebar di Kabupaten TTU. “Ada yang dari Biboki, Insana dan Kota Kefamenanu,” ungkapnya.

Bertindak sebagai instruktur Bimtek, kata Maksimus Akoit, diambil dari unsur IKM yang selama ini telah berjalan bersama Disperindag Kabupaten TTU. “Bimtek ini adalah pembuatan cindera mata dari kain tenun berupa tas dan ada juga aksesoris-aksesoris lainya yang akan disesuaikan dengan kain yang ada. Hasil produk kain ini juga pada beberapa waktu lalu kita sudah lakukan pencelupan benang sebelumnya di beberapa desa,” jelasnya.

Maksimus juga menjelas kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk itu, diharapkan kepada peserta Bimtek agar setelah selesai mengikuti kegiatan bisa membantu di tingkat kelompok di desa masing-masing untuk pengembangan lebih lanjut. “Jadi mengajak anggota kelompok yang ada di desa untuk bisa melanjutkan kegiatan yang mereka sudah dapat dari Disperindag atau pelatihan di tingkat Kabupaten TTU,” tutupnya. (rnc17)

Baca Juga:  Dibina Bank NTT, Desa Napan Pancarkan Wajah Ekonomi Indonesia di Tapal Batas

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed