oleh

Gempa M 5,3 Guncang Alor, Terasa hingga Kupang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru saja mengumumkan terjadi gempa tektonik di Kabupaten Alor, pukul 13.01 Wita, Selasa (19/1/2021).

Gempa tersebut berkekuatan 5,3 Skala Richter berada tepat di wilayah Laut Banda. Dari hasil analisis BMKG, gempa tektonik ini terletak pada koordinat 7,46 Lintang Selatan dan 125,31 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 kilometer arah timur laut Kota Kalabahi, Kabupaten Alor, pada kedalaman 434 kilometer.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang 17 Rumah di Rote Ndao

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam diakibatkan adanya aktivitas subduksi di Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun lapisan bumi atau tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Oelamasi, Kabupaten Kupang, di mana dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. (*/rnc04)

Baca Juga:  Manggarai Dua Kali Diguncang Gempa, Berkekuatan 4,9 dan 3,0 Magnitudo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed