oleh

Gempa Tektonik M 3,9 di Manggarai, Warga Diminta tak Panik

Iklan Covid Walikota Kupang

Ruteng, RNC – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,9 terjadi Senin (1/2/2021), pukul 11.56 terjadi di Kota Ruteng, Manggarai.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 8,61 LS dan 120,50 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km Timur Laut Ruteng–Manggarai-NTT pada kedalaman 10 km.

Iklan Dimonium Air

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Ruteng III-IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa seakan-akan nada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

BACA JUGA: Terpapar Covid-19, Pastor Servulus Isaak SVD Tutup Usia di RSUD Komodo

Hingga pukul 12.15 Wita, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(*/rnc)

  • 147
    Shares
Baca Juga:  Manggarai Dua Kali Diguncang Gempa, Berkekuatan 4,9 dan 3,0 Magnitudo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed