oleh

Ini Daerah yang Mendapat Jaringan 5G di Indonesia, Salah Satunya NTT

Jakarta, RNC – Kominfo umumkan sejumlah wilayah di RI yang akan mendapat layanan 5G pertama kali. Ada 6 provinsi di pulau Jawa yang mendapat prioritas utama. Sisanya tersebar di beberapa wilayah luar pulau Jawa.

Semua wilayah itu sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 2 tahun 2021 perihal Rencana Strategi Kominfo. Dipilihnya lokasi-lokasi tersebut untuk penerapan jaringan 5G karena sudah memiliki dukungan infrastruktur dan juga potensi pasar yang besar.

“Pemilihan lokasi enam ibu kota provinsi di pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena enam lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur,” kata pihak Kominfo, Johny Plate, pekan lalu.

Tidak hanya itu, jaringan 5G juga akan dihadirkan di beberapa destinasi wisata super prioritas seperti di Borobudur, Labuhan Bajo, Mandalika, Likupang dan Danau Toba. Sedangkan ibu kota negara baru (IKN) yang berlokasi di Kalimantan juga akan segera mendapat jaringan 5G.

“Kerja sama dan perencanaan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya mutlak diperlukan agar ada kepastian hukum pada masing-masing sektor yang terlibat dan meminimalisir potensi perselisihan antar sektor di kemudian hari mengingat IKN baru adalah green field,” ujar pihak Kominfo.

“Sehingga penyelarasan seharusnya relatif lebih mudah dalam kerangka untuk mencapai tujuan bersama.”

Saat ini IKN sudah memiliki jaringan fiber optik untuk layanan 4G. Oleh karenanya, ibu kota baru itu diklaim sudah siap menerapkan jaringan teknologi 5G.

Berikut ini daftar wilayah/kawasan yang mendapat jaringan 5G pertama di Indonesia:

1. Jakarta
2. Serang
3. Bandung
4. Semarang
5. Yogyakarta
6. Surabaya
7. Labuhan Bajo (NTT)
8. Mandalika (NTB)
9. Danau Toba (Sumut)
10. Likupang (Sulut)
11. Borobudur (Jateng)
12. Ibu Kota Negara baru
13. Industri Manufaktur

Baca Juga:  Optimalkan MiiTel untuk Outbound Call, Atlas Beach Fest Catat Peningkatan Reservasi dan Sales Hingga 10%

(*/voi/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *