oleh

Jika Pemilu Diadakan Hari Ini, PDIP Menang 39 Persen di Kota Kupang, Disusul Golkar

Kupang, RNC – Program Studi (Dipol) FISIP Undana menggelar survei elektabilitas partai politik di Kota Kupang. Hasilnya, PDIP mendapat pilihan terbanyak. Jumlahnya sangat signifikan, yakni 39,3%.

Dalam rilis Tim Survey Dipol Undana yang diketuai Riyoan Jacob.S.IP.,M.IP ini dibeberkan secara berurutan, lima partai dengan elektabilitas tertinggi, yakni PDIP (39,3 persen), Golkar (16,5 persen), Nasdem (7 persen), Gerindra (6,8 persen), dan Demokrat (4,3 persen).

Sedangkan partai-partai lainnya mendapatkan persentase di bawah 3 persen. Adapun responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 16,9 persen.

survei 3
Sumber: Hasil survei Dipol FISIP Undana

Survei ini dilakukan pada tanggal 7 hingga 15 Februari dengan cara wawancara tatap muka kepada 400 responden oleh pewawancara yang sudah terlatih. Respoden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling), mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, rukun tetangga, hingga anggota keluarga pada kepala keluarga terpilih.

Dengan asumsi pengacakan sederhana, margin of error (MoE) diperkirakan sebesar ± 4,90 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Proporsi jenis kelamin ditentukan imbang 50:50 antara laki-laki dan perempuan yang berusia 17 tahun atau lebih atau yang sudah menikah.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan survei ini, ada 19 nama yang dikenal responden yang disebut layak diusung dalam Pilwalkot. Delapan besar tokoh dengan tingkat kesukaan tertinggi ialah Jefirstson R. Riwu Kore (79,3 persen), Jonas Salean (69,8 persen), Hermanus Man (61,3 persen), Daniel D. Hurek (46,3 persen), Christian Widodo (34,8 persen), Alexander Foenay (34,3 persen), Chris Mboeik (32,5 persen), dan Mohammad Ansor (30,5 persen).

Sedangkan tokoh lain mendapat tingkat kesukaan di bawah 30 persen. Saat masyarakat Kota Kupang ditanyakan mengenai dukungan mereka terhadap 19 tokoh yang disebutkan, Jefri Riwu Kore menjadi yang paling banyak mendapatkan dukungan maju sebagai Walikota Kupang tahun 2024, yaitu sebesar 65,5 persen.

Baca Juga:  Peringati Hari Waisak, Jeriko Ajak Pererat Tali Persaudaraan di Kota Kasih

Kemudian diikuti dengan Jonas Salean (51,8 persen), Hermanus Man (45,5 persen), Christian Widodo (38,8 persen), Jhon G. F. Seran (36 persen), Daniel D. Hurek (34 persen), Chris Mboeik (33,3 persen), Alexander Foenay (32,5 persen), Mohammad Ansor (32,3 persen), dan Yeskiel Loudoe (30 persen). Adapun nama lain mendapatkan dukungan di bawah 30 persen.

Pada pertanyaan simulasi, dari delapan tokoh yang diharapkan untuk menjadi Walikota Kupang pada tahun 2024, sebesar 42 persen menjawab Jefirstson R. Riwu Kore, disusul Jonas Salean (14,3 persen), Christian Widodo (10,5 persen), Hermanus Man (6,5 persen), Jhon G. F. Seran (4,8 persen), Chris Mboeik (3,3 persen), Daniel D. Hurek (2,5 persen), dan Yeskiel Loudoe (1 persen). Adapun sebesar 12,5 persen responden belum memutuskan pilihan, dan sebesar 2,6 persen menolak untuk menjawab.

(rnc)

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *