oleh

Kabar Baik, Tren Kasus Corona di NTT Turun Drastis 50%, Begini Datanya

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Total sudah 46 hari sejak 9 April lalu, Provinsi NTT bergelut dengan pertumbuhan angka pasien positif Covid-19. Namun, berdasarkan analisis RakyatNTT.com, dalam 7 hari terakhir, tren kasus corona mulai menurun.

Pasien positif covid-19 pertama NTT tercatat pada 9 April 2020. Selanjutnya, selama 20 hari tak ada penambahan pasien positif. Baru pada 30 April, terkonfirmasi 9 orang positif covid-19 yang berasal dari klaster Sukabumi.

Selanjutnya, dalam kurun waktu tanggal 1 sampai 9 Mei 2020, hanya ada tambahan 3 pasien, yakni pada tanggal 4, 6 dan 9 Mei. Hingga 9 Mei, tercatat 13 pasien positif.

Berdasarkan catatan RakyatNTT.com, pada kurun waktu tanggal 10 sampai 16 Mei merupakan fase puncak corona di NTT. Dalam 7 hari tersebut, secara akumulatif terdapat penambahan 46 kasus. Setiap hari selalu ada penambahan pasien positif. Penambahan terbanyak adalah tanggal 13 dan 16 Mei. Ada penambahan 12 pasien positif sekaligus dalam sehari. Hingga 16 Mei, di NTT tercatat 59 kasus positif.

Sementara itu, memasuki fase ketiga, yakni kurun waktu 17 sampai 23 Mei, mulai ada penurunan jumlah pasien positif. Dalam kurun waktu 7 hari tersebut, hanya ada tambahan 23 kasus positif. Bahkan ada 2 hari dimana tidak ada satu pun tambahan kasus positif, yakni pada tanggal 21 dan 23 Mei. Jika dibanding dengan fase kedua,  laju penurunan jumlah kasus mencapai 50%.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Marius Jelamu meminta masyarakat NTT untuk tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Pasalnya, sampai saat ini data orang tanpa gejala (OTG) masih cukup banyak.

Sesuai data gugus tugas, OTG tercatat sebanyak 746 orang yang masih dipantau. Begitupun ODP masih berjumlah 227 orang dan PDP yang masih dirawat sebanyak 16 orang. “Tetap waspada dan ikuti anjuran yang disampaikan pemerintah agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di NTT,” kata Marius, Sabtu (23/5/2020). (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed