oleh

Besok, Gubernur NTT Kukuhkan 6 Pjs Bupati, Ini Nama-nama yang Beredar

Kupang, RNC – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Sabtu (26/9/2020) besok, direncanakan akan mengukuhkan enam Penjabat Sementara (Pjs) bupati. Adapun enam kabupaten yang bakal dipimpin Pjs Bupati, yakni Kabupaten Malaka, Belu, Sabu Raijua, Sumba Barat, Manggarai dan Ngada.

Kepada RakyatNTT.com, Jumat (25/9/2020), Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Doris Rihi mengatakan, Pjs ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melaksanakan tugas kepala daerah yang sedang cuti di luar tanggungan Negara untuk melaksanakan kampanye. Hal ini diamanatkan dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Cuti Di Luar Tanggungan Negara Bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

BACA JUGA: Kemendagri Tugaskan 137 Pjs Kepala Daerah Gantikan Petahana Maju Pilkada

Doris menyebutkan, dari sembilan kabupaten di NTT yang menyelenggarakan pilkada, ada enam kabupaten yang harus diisi Pjs Bupati. Nama-nama pejabat yang dipersiapkan untuk menjadi Pjs Bupati di 6 kabupaten tersebut, sudah diusulkan oleh Pemprov NTT kepada Kemendagri. “Kita sudah usulkan dan sementara menunggu SK (Surat Keputusan, red) dari Mendagri,” ujarnya.

Sesuai ketentuan, Pjs Bupati berasal dari pejabat pimpinan tinggi pratama di Pemprov NTT atau Kemendagri yang ditunjuk oleh Menteri. Mereka akan melaksanakan tugas sejak dikukuhkan hingga selesainya masa kampanye. “Masa kampanye dimulai dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020. Jadi Pjs bupati akan menjabat sampai tanggal 5 Desember mendatang,” terang Doris.

Ditanyai seputar nama-nama pejabat yang diusulkan sebagai Pjs Bupati, Doris mengaku belum bisa menyampaikan hal tersebut ke media massa. “Saya belum bisa sampaikan. Kita tunggu SK Kemendagri, biar pasti,” katanya.

BACA JUGA: Paslon Demokrat di NTT Terbanyak Dapat Nomor Urut 1, PDIP-Golkar Nomor Urut 2

Dari informasi yang beredar, enam Pjs Bupati yang bakal dikukuhkan yakni Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Meserasi Ataupah sebagai Pjs Bupati Malaka, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT, Zakarias Moruk sebagai Pjs. Bupati Belu, Staf Ahli Gubernur Bidang Lingkungan Hidup, Ferdi Kapitan sebagai Pjs Bupati Sabu Raijua, Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Politik, Samuel Pakereng sebagai Pjs Bupati Sumba Barat, Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah Provinsi NTT, Zet Sony Libing sebagai Pjs Bupati Manggarai, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi sebagai Pjs. Bupati Ngada.

(rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed