oleh

Kabar Gembira! BLT Gaji Tahap 2 Sudah Cair, Cek Rekeningmu Sekarang!

Jakarta, RNC – Bantuan subsidi upah (BSU) sudah dijadwalkan cair kemarin. BLT gaji tahap 2 ini ditransfer ke masing-masing rekening peserta yang memenuhi persyaratan. Pencairan BLT gaji Rp 600 ribu langsung untuk 2 bulan, yakni November-Desember yang totalnya Rp 1,2 juta.

Pencairan BLT gaji tahap 2 disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Namun dirinya tidak merinci berapa banyak peserta yang ditransfer, mengingat penyaluran pada tahap 1 tidak langsung ditransfer ke seluruh peserta yang jumlahnya 12,4 juta pekerja.

“Tahap kedua minggu ini kami akan serahkan, untuk tahap kedua,” kata dia kepada wartawan, Jumat (6/11/2020) dikutip dari detikcom.

Dia menjelaskan, beberapa hari ini telah dilakukan sinkronisasi data peserta dengan data wajib pajak untuk memastikan penyaluran BLT gaji tahap 2 benar-benar tepat sasaran.

Ida menerangkan kemarin proses penyaluran sudah di BPJS Ketenagakerjaan, kemudian diteruskan ke Kemnaker. Setelah itu Kemnaker menyerahkan data ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dicairkan kepada bank penyalur.

BACA JUGA: Lihat Jadwal Transfer BLT Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta ke Rekeningmu

“Mudah-mudahan hari ini (Jumat) bisa diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Setelah datanya clear and clean, kami akan meneruskan ke proses selanjutnya dan akan ditransfer ke para pekerja,” tambahnya.

Perangkat desa dan pekerja borongan juga terima BLT gaji. Ida mengungkapkan perangkat desa dan pekerja borongan juga bisa memperoleh bantuan subsidi upah (BSU). BLT gaji Rp 600 ribu/bulan bakal diterima golongan pekerja tersebut selama memenuhi persyaratan.

Dia menerangkan para penerima program subsidi upah tersebut adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi ketentuan sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Ida mencontohkan perangkat desa dan pekerja borongan penerima BSU yang didatanginya di Grinting, Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur kemarin.

“Pak Sholeh ini adalah perangkat desa. Beliau menjadi peserta yang preminya dibayar oleh Pemkab Sidoarjo. Ia mengambil program jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan. Sementara, Pak Irvan ini adalah pekerja borongan di PT batara mulia jaya,” kata Ida melalui keterangan tertulis.

Dijelaskannya, penyerapan BLT gaji tahap 1 sudah mencapai 98,7% dari yang sudah tersalurkan kepada 12,4 juta penerima program.

“Kami berharap program pemerintah ini memberikan manfaat kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed