oleh

Mengungkap Tren Penjualan Lipstik di Ecommerce di Kuartal Pertama 2024

Penjualan produk kecantikan di e-commerce Indonesia meningkat 8% pada Q1 2024 dibandingkan tahun lalu. Produk bibir global diperkirakan meraih 22,17 miliar USD, dengan Indonesia menyumbang 359,3 juta USD. E-commerce menjadi pilihan 82% konsumen Indonesia. Pada Q1 2024, GMV di Shopee dan Tokopedia mencapai IDR 516,6 miliar, meski turun 14,7% dari Q4 2023. Shopee memimpin dengan pangsa 77,3%, sementara Tokopedia tumbuh 2,5%.

Maybelline mendominasi pangsa pasar bibir di kedua platform, dengan GMV di Shopee dua kali lipat Tokopedia. Kategori lipstik mendominasi pasar dengan 91,5%, dengan produk lipstik cair seperti “Superstay Matte Ink” dan “Superstay Vinyl Ink” dari Maybelline paling populer.

Jakarta, Indonesia – 17 Juni 2024 – Penjualan produk kecantikan di ecommerce terus menunjukkan pertumbuhan yang dinamis.  Menurut hasil riset dari Magpie Ecommerce Intelligence, khususnya di kwartal pertama 2024, terjadi peningkatan sebesar 8% apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023.

“Pada tahun 2024, produk bibir diperkirakan akan meraih pendapatan sebesar 22,17 miliar USD di pasar global, sementara di Indonesia, segmen ini diperkirakan akan menghasilkan 359,3 juta USD. Popularitas yang menjanjikan ini mendorong berbagai merek untuk terus meningkatkan variasi produknya guna memenuhi permintaan konsumen yang beragam”, demikian dijelaskan oleh Wilhendra Akmam, CEO dari Magpie.

Platform e-commerce memainkan peran penting dalam pertumbuhan penjualan produk bibir. Di Indonesia, 82% konsumen lebih memilih membeli produk kecantikan melalui e-commerce. Laporan ini mengkaji lebih lanjut penjualan produk bibir di Shopee dan Tokopedia dari Januari hingga Maret 2024.

Kinerja Pasar Secara Keseluruhan

Total nilai bruto (GMV) mencapai IDR 516,6 miliar dengan total 16,7 juta produk terjual di Shopee dan Tokopedia pada periode ini, mengalami penurunan sebesar 14,7% dibandingkan dengan Q4 2023 yang mencapai IDR 605,8 miliar.

Baca Juga:  NMW Aesthetic Clinic Perluas Jangkauan ke Jawa Barat: Cabang Pertama untuk Area Bogor

Pangsa Pasar Berdasarkan E-Commerce

Secara keseluruhan, Shopee mendominasi pasar e-commerce dari Januari hingga Maret 2024 dengan pangsa pasar sebesar 77,3%, sementara Tokopedia memiliki 22,7%. Meskipun Shopee masih mendominasi pasar lipstik, Tokopedia menunjukkan pertumbuhan yang lebih besar dari Q4 2023 ke Q1 2024 dengan peningkatan GMV sebesar 2,5%, sementara Shopee mengalami penurunan sebesar 18,7%.

Pangsa Pasar Berdasarkan Merek

Maybelline berhasil memenangkan pangsa pasar produk bibir di Tokopedia dan Shopee selama Q1 2024. Meskipun Maybelline memiliki pangsa pasar yang lebih besar di Tokopedia, nilai GMV yang dihasilkan di Shopee dua kali lipat dibandingkan dengan Tokopedia. Wardah dan Hanasui juga termasuk dalam lima merek teratas di kedua platform, menunjukkan sedikit perbedaan segmen konsumen di masing-masing platform yang mempengaruhi preferensi pasar.

Kategori Produk Terlaris

Kategori lipstik memegang dominasi pasar produk bibir di kedua platform e-commerce dengan pangsa pasar keseluruhan sebesar 91,5%, sementara kategori lip balm dan perawatan bibir memiliki 8,5%. Penjualan lip balm dan perawatan bibir lebih tinggi di Shopee dibandingkan dengan Tokopedia.

Produk Lipstik Terlaris

Lipstik cair menjadi produk yang paling diminati pada Q1 2024. Tiga produk teratas dikenal dengan fitur tahan lama. Maybelline mendominasi dengan dua produk mereka, “Superstay Matte Ink” dan “Superstay Vinyl Ink,” yang menonjolkan fitur tahan lama dalam nama produknya.

Produk Perawatan Bibir Terlaris

Tiga produk teratas dalam kategori lip balm dan perawatan bibir dihargai di bawah IDR 100k, dengan yang termurah dari The Originote. Produk-produk ini berkontribusi pada pangsa pasar yang tinggi melalui ukuran keranjang yang besar.

Tentang Magpie Ecommerce Intelligence

Magpie Ecommerce Intelligence, adalah perusahaan market insights dengan misi untuk membantu brand and pengusaha online untuk bisa memahami kondisi market ecommerce di Indonesia. Magpie menyediakan layanan Market Share tracking, Daily price and stok monitoring, Share of Search tracking, dan banyak lain. Sejak tahun 2020, Magpie telah dipercaya menjadi penyedia market insights untuk brand-brand global seperti Nestle, Reckitt, Danone, dan banyak lainnya.

Baca Juga:  Tren Green Beauty: Komitmen Keberlanjutan atau Sekadar Greenwashing?

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *