oleh

MNC Peduli dan Prosi Bangun Saluran Air Bersih di Dusun Nunsena, Kabupaten TTS

Jakarta, RNC – Kesulitan terhadap akses air bersih menjadi issue yang harus dihadapi sejumlah masyarakat di Indonesia khususnya di daerah yang lebih terpencil. Salah satunya bagi warga Dusun Nunsena, Desa Hane, Kabupaten TTS, NTT.

Sumber mata air yang terbatas serta curah hujan yang rendah tiap tahunnya yang diakibatkan oleh musim kemarau yang lebih lama membuat warga dusun kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih.

Warga harus mengeluarkan ekstra biaya yang tidak sedikit setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih harian mereka. Biaya tersebut cukup besar bagi para warga yang berpenghasilan relatif cukup rendah.

Hal ini juga mempengaruhi pemenuhan sanitasi yang baik serta pemenuhan asupan pangan yang bergizi bagi kebutihan keluarga terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Berusaha membantu warga Dusun Nunsena dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan air bersih, MNC Peduli berinisiatif membantu pembuatan pembangunan jalur pipa air bersih sepanjang lebih dari 10 km untuk menunjang kebutuhan warga setempat.

Dalam pelaksanaannya, pembangunan jalur pipa air bersih ini dilapangan di bantu oleh Yayasan Professional Sinergi Indonesia (Prosi) dalam penanganan penyalurannya kepada warga setempat.

Jalur pipa air bersih ini dibangun dari sumber mata air yang berada di bawah dusun dengan jalan memompakannya untuk dapat diangkat dan disalurkan hingga rumah warga.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, dengan adanya jalur pipa air bersih ini diharapkan dapat mengurangi beban untuk warga setempat.

“Tentunya kami sangat berharap dengan bantuan ini dapat juga memajukan perekonomian warga dan hidup dengan sehat,” kata Jessica di Kawasan MNC Financial Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (22/2/2022).

Jessica mengatakan MNC Peduli mendengar kebutuhan Kabupaten TTS terkait pengadaan air bersih langsung tergerak untuk mengulurkan bantuan. Sebab, menurutnya sanitasi di tengah pandemi Covid-19 sangat penting.

Baca Juga:  Ahmad Yohan Siap Pasang Badan untuk Melki Laka Lena di Pilgub NTT

“Kami dari MNC Peduli pertama kali mendengar memang kebutuhan di TTS untuk pengadaan air bersih ini kami tergerak untuk turut serta membantu maka dari itu kita mengulurkan dana dan ikut serta untuk membangun jalur pipa supaya warga-warga di desa bisa mendapatkan akses air bersih terutama di tengah pandemi ini yang kita hadapi sanitasi itu adalah hal yang sangat penting yang perlu kita jaga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jessica berharap masyarakat Indonesia lebih peka terhadap kebutuhan yang diperlukan di luar daerah. Karena tak menutup kemungkinan masih banyak yang membutuhkan uluran bantuan.

“Harapan ke depannya kita bisa lebih aware sebagai warga Indonesia tentang kebutuhan kebutuhan yang mungkin ada di luar daerah dimana mungkin kebutuhannya kalau misalnya di kacamata kita oh ini basic banget yah tapi memang masih banyak yang membutuhkan bantuan tersebut. Jadi harapan kedepannya lebih banyak orang tergerak untuk ikut serta membantu mengulurkan tangan untuk memberi akses air bersih kepada sodara sodara kita yang membutuhkan di daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Prosi Yusak Mangara mengatakan bahwa pengerjaan pipa air bersih ditargetkan selesai pekan depan dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Kami bersyukur pada hari ini bahwa pengembangan proyek air bersih sudah makin baik mudah-mudahan besok sudah minggu depan sudah masuk ke rumah-rumah dan ini juga salah satunya bantuan dari MNC Peduli. Kami mewakili yayasan Prosi dan masyarakat Desa Hane terima kasih untuk bapak dan ibu semua untuk donasinya melalui MNC Peduli,” tuturnya.

Sebagai informasi, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Baca Juga:  PDIP Jaring Cakada NTT, Frans Aba Pertama Daftar jadi Bacagub

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur.

(*/mnc/rnc)

 

 

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *