oleh

Nyssa Siagian “Animasi Terbaik” Asal Labuan Bajo

Iklan Demokrat

Labuan Bajo, RNC– Nyssa Marialies Siagian, bocah Kelas IV SLH Labuan Bajo, Manggarai Barat, dinobatkan sebagai “Animasi Terbaik” Lomba Pemrograman dengan Program Stratch, Coding buatan MIT (Massachusetts Institute of Technology). Lomba itu diikuti 250 peserta dari seluruh Indonesia.

Kepada RakyatNTT.com, putri pasangan Matheus Siagian dan Saskia Tjokro ini menjelaskan, awalnya dia ragu dan kurang yakin mendapat predikat terbaik, karena persiapan mengikuti ajang tersebut sangat singkat. Apalagi Nyssa harus mempersiapkan program dan coding-nya.

Iklan Dimonium Air

Saat ditemui di rumahnya, Rabu (24/11/2021), Nyssa menjelaskan, program animasi itu dibuat sendiri olehnya. Dia dibimbing gurunya dari Timedoor Academy untuk meng-coding. “Program dan narasi dalam animasi itu, saya buat sendiri,” sebutnya bangga.

Atas prestasinya itu, Nyssa mengaku senang dan puas. “Saya senang sudah mendapat juara programming cilik kategori animasi terbaik. Terima kasih kepada Miss Ifah, guru coding, dan teman-teman sekelas coding online saya,” tambahnya.

Nyssa lalu berpesan kepada teman-temanya, agar tidak kaku terhadap perkembangan teknologi. “Kita harus bisa berteman dengan zaman dan teknologi. Untuk membuat program dan game, kita jangan takut! Teman-teman bisa join dan coba-coba dulu, jangan takut dengan teknologi,” kata Nyssa.

Di tempat yang sama, Matheus Siagian, ayah Nyssa, berharap pemerintah NTT bisa mendukung sektor teknologi informatika, dikarenakan Menteri Kominfo berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. “Semoga ke depan, koneksi internet semakin kencang di NTT. Apalagi dengan banyaknya work from home, pasti banyak yang mau berlibur dan bekerja di NTT, kalau koneksi internetnya cepat,” ujar Matheus.

Sekedar tahu, ajang lomba yang diikuti Nyssa Siagian merupakan gawai Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Universitas Udayana. Mereka menggelar perlombaan Information Technology Creative Competition (ITTC). Kegiatan itu diselenggarakan sejak 1 Agustus 2021, hingga 6 November 2021. Information Technology Creative Competition (ITCC), merupakan ajang kompetisi bidang Teknologi Informasi terbesar se Bali Nusra.

Baca Juga:  Lagi, Wisatawan Tewas Tenggelam di Kawasan Pink Beach Labuan Bajo

Perlombaan ITCC diselenggarakan secara nasional, yang diikuti peserta tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan universitas se Indonesia. Tahun ini, ITCC membuat enam cabang lomba, diantaranya : Ide Bisnis, Pemrograman, Mobile Apps, Web Design, Lomba Cerdas Cermat (LCC), dan Kids Games Programming. (RNC19)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed