oleh

RUU Belum Final, Nama-nama Ini Disebut Bertarung di Pilkada Kota Kupang, Flotim dan Lembata

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – DPR masih sedang menggodok RUU Pemilu yang di dalamnya juga mengatur tentang Pilkada serentak. Masih ada tarik menarik pendapat apakah pilkada serentak digelar 2022 dan 2023 atau diundur ke 2024 atau 2027.

Ada sejumlah opsi yang ditawarkan dalam pembahasan di Badan Legislasi DPR. Opsi-opsi ini pun masih sedang digodok. Namun, kini sedang menguat opsi pilkada serentak tetap digelar 2022 dan 2023. Dengan demikian tidak mengganggu pemilu nasional 2024.

Iklan Dimonium Air

Untuk 2022 diikuti oleh daerah yang pada 2017 lalu menggelar pilkada. Artinya di NTT terdapat 3 daerah, yakni Kota Kupang, Flores Timur dan Lembata. Total di Indonesia ada 101 daerah.

BACA JUGA: Sesuai Draf RUU Pemilu, Pilkada Kota Kupang, Flotim dan Lembata Digelar 2022

Tiga daerah yang menggelar pilkada 2022 ini cukup menarik. Hanya Lembata yang pilkadanya tidak diikuti oleh incumbent bupati, karena sudah 2 periode memimpin. Sedangkan Kota Kupang dan Flores Timur baru menjalani 1 periode kepemimpinan.

Di Lembata, Bupati Eliaser Yentji Sunur sudah dua periode memimpin. Periode pertama ia menggandeng Viktor Mado Watun dan periode kedua menggandeng Thomas Ola Langoday.

Sementara itu, di Flores Timur, pasangan Anton Hadjon dan Agus Payong Boli baru satu periode menjabat. Oleh karena itu, keduanya bisa maju kembali. Bisa kembali berpasangan atau saling berhadapan. Di Flotim, saat ini mulai muncul sejumlah nama yang disebut-sebut akan bertarung di pilkada nanti. Salah satu figur yang secara terbuka menyatakan siap maju adalah wakil bupati Thomas Ola Langoday.

Lain lagi di Kota Kupang. Wali Kota, Jefri Riwu Kore yang baru satu kali memimpin bisa kembali bertarung. Sedangkan wakilnya Hermanus Man yang sudah dua periode menduduki posisi wakil wali kota hanya bisa bertarung untuk jabatan wali kota. Oleh karena itu, dipastikan pada pilkada 2022, jika Jeriko-sapaan karib Jefri Riwu Kore bertarung kembali, maka dipastikan akan menggandeng wakil baru. Demikian juga Hermanus Man, jika maju pilkada maka harus menjadi calon wali kota.

Di Kota Kupang sendiri muncul sejumlah nama yang menyatakan siap maju di pilkada. Salah satunya adalah Alex Funay. Anggota DPRD NTT dari Partai Perindo ini menyatakan siap bertarung dan didukung Perindo dan Hanura. Figur lain adalah Jonas Salean. Beberapa hari setelah dilantik menjadi anggota DPRD NTT pada 2019 lalu, Jonas sudah menyatakan siap kembali maju di pilwalkot. Bagaimana dengan Jeriko? Pada beberapa kesempatan ketika ditanya awak media, Jeriko mengaku belum berpikir soal pilkada. Ia masih fokus menyelesaikan berbagai program kerja yang kini sedang berjalan. “Yang mau maju silakan. Beta masih fokus kerja selesaikan program yang ada,” ujar Jeriko.

BACA JUGA: Demokrat Tolak Pilkada Digelar Serentak dengan Pilpres 2024

Ada sejumlah nama yang dirangkum redaksi RakyatNTT.com dari berbagai sumber, baik media massa maupun media sosial, yang disebut berkontestasi di pilkada 2022, baik di Kota Kupang, Flores Timur maupun Lembata.

Nama-nama yang disebut bertarung di Pilkada 2022

Kota Kupang:
1. Alex Funay (Anggota DPRD NTT)
2. Hermanus Man (Wakil Wali Kota)
3. Johni Asadoma (Anggota Polri)
4. Chris Mboeik (Anggota DPRD NTT)
5. Chris Widodo (Anggota DPRD NTT)
6. Jonas Salean (Anggota DPRD NTT)
7. Jefri Riwu Kore (Wali Kota)

BACA JUGA: Draf RUU Pemilu: Pilkada Digelar Lagi 2022, di NTT Ada 3 Daerah

Flores Timur:
1. Anton G. Hadjon (Bupati)
2. Agus Payong Boli (Wakil Bupati)
3. Yoseph Sani Betan (Ketua Golkar Flotim)
4. Herman Hayong (Wasekjen DPP Golkar)
5. Laurens Leba Tukan (Wasek Golkar NTT)
6. Anton Doni Dihen (Politisi PKB)
7. Stef Ola Demon (Akademisi)

Lembata:
1. Yohanes De Rosari (FPG DPRD NTT)
2. Petrus Bala Wukak (FPG DPRD Lembata)
3. Petrus Gero (Ketua DPRD Lembata)
4. Fredy Wahon (Aktivis)
5. Thomas Ola Langoday (Wakil Bupati)
6. Viktor Mado Watun (Anggota DPRD NTT)

(*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed