oleh

Survei Voxpol: Anies Unggul Tipis dari Ganjar dan Prabowo

Jakarta, RNC – Voxpol Center Research and Consulting menggelar survei terkait peta ekektoral dan simulasi kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Tujuan dari survei ini ialah untuk mengetahui tingkat popularitas, kedisukaan dan elektabilitas partai politik dan tokoh-tokoh nasional yang berpeluang maju menjadi capres dan cawapres pada Pemilu 2024,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Research Center Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

banner BI FAST

“Kemudian memetakan simulasi pasangan calon potensial yang akan diusung oleh parpol atau gabungan partai politik, serta memetakan peluang dan pola perubahan dukungan terhadap kandidat dan pengaruhnya terhadap parpol,” sambung dia.

Pangi menjelaskan, berdasarkan survei yang digelar, masyarakat menganggap sosok mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang paling layak di Pilpres 2024 mendatang.

“Anies Rasyid Baswedan menjadi calon presiden paling layak menurut publik untuk memimpin Indonesia 2024 mendatang. Anies unggul 34,5 persen,” kata dia.

Kemudian setelah Anies, disusul dua nama lainnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan capaian 32,1 persen, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 27,5 persen.

“Sebanyak 5,8 persen tidak tahu atau tidak menjawab,” tutur Pangi.

Pangi menambahkan, ada perbedaan mencolok karakter pemilih dari tiga nama tersebut.

Pemilih Anies dinilai cenderung pemilih yang rasional melihat pemimpin berdasarkan prestasi. Sementara pemilih Ganjar cenderung pemilih yang sosiologis melihat pemimpin dari kedekatan dengan rakyat.

“Sedangkan pemilih Prabowo cenderung pemilih yang psikologis melihat dari sisi ketegasan pemimpin,” imbuh dia.

Lebih lanjut Pangi menegaskan, survei itu dilaksanakan pada 22 Oktober hingga 7 November 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling melalui dua tahap.

Baca Juga:  SMRC: Jika Ekonomi Buruk Untungkan Anies, Ekonomi Baik Perkuat Ganjar

“Tahap yang pertama menggunakan systematic random sampling dalam memilih TPS, dan tahap yang kedua menggunakan systematic random sampling dalam memilih responden dari DPT,” tutur dia.

Kemudian, jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

“Sampel survei menjangkau 34 provinsi se-Indonesia secara proporsional dengan populasi sampel yang terdiri dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah mempunyai hak pilih, yakni berusia 17 tahun ke atas (memiliki KTP) atau yang sudah menikah,” imbuh dia.

(*/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed