oleh

5 Tahun Firmanmu (4): Tunaikan Janji Air Bersih dan Kupang Terang, Bangun 1.043 Unit Rumah

Kupang, RNC – Salah satu karya nyata Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota, dr. Hermanus Man (Firmanmu) adalah membangun infrastruktur, air bersih dan membantu kaum tak bermampu.

Tekad dan janji ini pun tertunaikan di pengujung masa jabatan. Hal ini tergambar dari evaluasi program Smart City yang dilakukan Kamis (18/8/2022) lalu di Hotel Aston, Kupang.

banner BI FAST

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta, S.STP, MM memaparkan selama 5 tahun, Pemkot Kupang telah membangun 255,7 kilometer jalan. Rinciannya 198 kilometer di antaranya berkonstruksi HRS-Base dan sisanya adalah konstruksi lapen. Pembangunan infrastruktur jalan ini tersebar di berbagai kelurahan di Kota Kupang.

Salah satu program monumental Firmanmu selama 5 tahun adalah “Kupang Terang”. Konkrit dari program ini adalah pemasangan lampu penerangan jalan. Jika dulu Kota Kupang gelap gulita dan tidak nyaman di malam hari, kini kian bergeliat hingga larut, bahkan subuh. Ekonomi masyarakat ikut bergeliat.

Terdapat 13.896 unit lampu jalan terpasang. Dan tahun 2022 ini dipasang lagi 2.800 unit. Tak hanya di jalan umum, tapi sampai di jalan lingkungan dan gang-gang. Ini tidak termasuk lampu-lampu hias.

Tak hanya infrastruktur jalan dan lampu, Pemkot juga membangun drainase di berbagai ruas jalan. Tercatat ada 24 lokasi pembangunan, yang terletak di Kelurahan Kayu Putih, Nunbaun Sabu, Oetete, Mantasi, Fontein, Naikolan, Nunleu, Bakunase II, Kuanino, Sikumana, Oesapa, Oebufu, Oepura, Bakunase, Naioni, Manutapen, Oesapa, Oepura, Liliba, dan Alak. Pada tahun 2017 dialokasikan Rp1,6 miliar, tahun 2018 sebesar Rp370 juta dan tahun 2019 sebesar Rp3,5 miliar.

lampu jalan OK
Lampu jalan di Jalan El Tari. (Foto: Dok. RNC).

Kemudian, ada bantuan untuk rumah ibadah. Tercatat ada 51 rumah ibadah dan 1 komunitas. Bantuan ini dalam bentuk dana pembangunan dan perlengkapan ibadah.

Baca Juga:  Jeriko Heran TPP Nakes Dibatalkan dengan Alasan Tak Ada Uang

Masih dalam dimensi Smart Living, Pemkot juga berjuang keras ketika covid-19 menjangkiti masyarakat Kota Kupang. Tercatat total anggaran yang dipotong lebih dari Rp200 miliar. Anggaran ini untuk percepatan penanggulangan Covid-19. Salah satunya adalah penguatan pelayanan pada RS SK Lerik, yakni pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana.

“Membangun ruang PCR, ruang isolasi pasien Covid-19, ruang isolasi Rajawali Covid-19. Total 44 tempat tidur. Perlu diketahui bahwa RS SK Lerik Kota Kupang adalah salah satu rumah sakit terbaik dalam hal penanganan covid-19. Ada juga mesin oksigen, yaitu 1 unit mesin oksigen central dan 1 unit mesin CT Scan,” jelas Andre-sapaan karib Kadis Kominfo Kota Kupang.

Pemerintah Kota Kupang di bawah kendali Dr. Jefri Riwu Kore dan dr. Hermanus Man akhirnya menunaikan janji mereka untuk menghadirkan air bersih di Kota Kupang. Pembangunan Tahap I SPAM Kali Dendeng senilai Rp189 miliar adalah buktinya. Kapasitasnya mencapai 150 liter/detik.

Air dari Kali Dendeng targetnya akan dipakai oleh 12 ribu KK, walaupun bisa dimaksimalkan untuk 20 ribu KK. Pembangunan tahap II masih menunggu realisasi pemerintah pusat. “Mungkin belum bisa melayani semua, tapi sebagian sudah terlayani dengan baik seperti yang dijanjikan pak wali kota dan pak wakil wali kota bahwa air bisa mengalir 4 jam per hari, sehingga 150 liter/detik sangat rasional untuk 12 ribu KK,” kata Andre.

Sambil menunggu proses pembangunan SPAM Kali Dendeng, Pemkot telah berupaya memenuhi kebutuhan air bersih dari masyarakat, dengan membangun 9 unit sumur bor dan 1 embung. Ke-9 sumur bor ini terletak di Kelurahan Naimata, Sikumana, Fatukoa, Manulai II, Naioni, TDM, Kayu Putih dan Penfui. Sedangkan 1 embung terletak di Kelurahan Manulai II.

Baca Juga:  Kota Kupang Diguncang Gempa Magnitudo 5,5

Untuk sistem penyediaan air minum terdapat 370 unit yang tersebar di Kelurahan Sikumana, Naimata dan Naioni. Selanjutnya, terdapat 1.758 sarana air limbah domestik atau septik tank yang tersebar di 18 kelurahan, yakni Lasiana, Naimata, Liliba, Naikoten I, Oepura, Naikolan, Airnona, Fatukoa, Bakunase II, Oesapa Selatan, Fontein, Manutapen, Alak, Maulafa, Oebobo, Kota Raja, Kelapa Lima dan Naioni.

Pemerintah Kota Kupang juga memperkuat kontrol sosial dengan memasang CCTV di berbagai lokasi. Terdapat 12 CCTV di Puskesmas, ada 2 di RS SK Lerik, lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Taman Tirosa, Taman Nostalgia, PKB Belo dan 12 unit untuk ATCS. “Ada beberapa lagi yang sedang dikoordinasikan dengan Polresta Kupang untuk ditempatkan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan dan lokasi rawan kejahatan,” tambah Andre.

SPAM kali dendeng 1
Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore memutar keran di salah satu rumah warga yang sudah terlayani jaringan SPAM Kali Dendeng, Selasa (26/7/2022). (Foto: Dok. PKP Setda Kota Kupang)

Selanjutnya, mantan Lurah Naikoten II ini menjelaskan, Pemkot juga memasang 300 titik Wi-Fi dengan kapasitas 800 Mbps, yang tersebar di seluruh taman kota dan perangkat daerah yang ada di Kota Kupang. Ada juga di rumah-rumah ibadah, sekolah, Puskesmas, kantor kelurahan dan kantor kecamatan dan pasar tradisional.

Selanjutnya, dibangun ruang interaksi warga, yakni pusat bisnis, olahraga dan pembelajaran. Pemberian beasiswa Indonesia Pintar untuk siswa SD dan SMP sebanyak 35.338 orang. Beasiswa untuk mahasiswa sebanyak 2.400 orang. Selanjutnya disediakan ruang laktasi di OPD pelayanan publik seperti Dinas Dukcapil dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Salah satu program yang menjadi sangat monumental di pengujung masa tugas Firmanmu, yakni bedah rumah. Total terdapat 1.043 unit rumah dibangun. Rinciannya sebanyak 762 unit menggunakan dana APBN dan 281 menggunakan APBD.

Menariknya, para penerima bedah rumah, selain mendapatkan rumah yang layak huni, juga mendapat sumbangan perabotan rumah tangga, seperti kursi, meja, tempat tidur, TV, dan perabotan lainnya, termasuk bantuan sembako. (rnc/bersambung)

Baca Juga:  APBD-P Tahun 2022 Kota Kupang: Biaya Tak Terduga Naik 125%, Belanja Pegawai 83% dari Total Belanja

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed