oleh

Viral Ganjar-Risma Capres-Cawapres 2024, Bagaimana Menurut Anda?

Jakarta, RNC – Akun pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo @ganjarpranowo_ri1 yang memiliki 9.690 pengikut mengunggah foto Ganjar bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024.

Dilansir dari Okezone.com, dalam foto tersebut, Ganjar dan Risma sama-sama mengenakan pakaian dinas sipil warna putih dan topi senada. Sementara kredit foto tersebut tertulis, “Apakah Anda setuju beliau penerus Jokowi? @ganjarpranowo_ri1 dan @rismaharinifans untuk RI 1&2 2024” dengan lambang bendera Merah Putih.

Unggahan tersebut mendapatkan ratusan komentar dari warganet. Sedikitnya hingga berita ini ditulis ada 1.457 yang memberikan “like”. Akun @giovanni_nikola berkomentar, “Kalo aku sih yes, gak tau kalo mas Anang.”

Sementara akun @andriaspaidjo berkomentar, “Ganjar sich ok tp kalau risma msh belum!”

Akun @mr.hartobee berkomentar, “Nggak mungkin itu….masak satu.partai…hal mustahal..”

BACA JUGA: Jika Tak Direstui Mega, Ganjar Berpeluang Dicapreskan Parpol Lain

Sejauh ini, nama Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini sering masuk radar sejumlah survei sebagai capres maupun cawapres potensial. Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis akhir 2020 lalu, misalnya, elektabilitas Ganjar berada di posisi teratas capres dengan perolehan 15,7% suara, dengan basis terbesar pendukungnya adalah pemilih PDI Perjuangan. Sebanyak 28% pemilih PDI Perjuangan akan memilih Ganjar.

Di bawah Ganjar ada Prabowo Subianto 14,9%, Anies Baswedan 11%, Sandiaga Uno 7,9%, Ridwan Kamil 7,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,1%, dan Tri Rismaharini 3,1%. Nama-nama lain di bawah 2% dan yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 31,5%. Survei nasional SMRC bertajuk “Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021” itu dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1.202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23-26 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan sekitar 2,9%.

Sementara polling online SINDOnews untuk kandidat capres potensial untuk bertarung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar 24 November 2020 dengan total responden yang sukses terjaring hingga akhir Desember 2020 mencapai 3.244 orang, Ganjar Pranowo juga berada di urutan teratas dengan perolehan suara 37%. Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipilih oleh 22% responden.

Posisi ketiga dihuni Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dengan tingkat elektabilitas 11%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara survei 8%, dan politik muda yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5%. Sementara nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sebelumnya menduduki posisi tiga, kali ini terlempar dari deretan top 5. Menteri Pertahanan ini berada di urutan enam dengan prosentase 4%.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Jk PDIP memasangkan Ganjar-Risma capres 2024 sama saja PDIP terjun bebas dan memenangkan calon dari partai lain. Krn figur Ganjar bukan figur Jokowi walaupun sama-sama kader PDIP. Bagusnya Capresnya Prabowo Cawapresnya dari PDI-P. Periode 2029 baru Capresnya dari PDI-P dan cawapres nya dari parpol lain.

News Feed