oleh

Warga Tak Patuh Prokes, PPKM di Kota Kupang Bisa Lanjut Jilid III

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Kupang bisa berlanjut ke jilid III ketika PPKM jilid II berakhir 9 Februari nanti. Pasalnya, masih banyak warga yang kedapatan tidak taat protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji, Jumat (29/1/2021) sore.

Iklan Dimonium Air

Diwawancarai RakyatNTT.com, Ernest menyampaikan berakhirnya PPKM di Kota Kupang tergantung perkembangan wabah corona dalam beberapa minggu ke depan. Waktu PPKM bisa diperpanjang jika masih terjadi peningkatan angka positif covid-19.

“Kalau sampai tanggal 9 keadaan Kota Kupang masih tinggi, maka akan dipertimbangkan untuk diperpanjang,” ucapnya.

Ia menambahkan, apabila sebelum tanggal 9 Februari nanti ada penurunan, maka PPKM hanya berlangsung dua jilid. Walau begitu aktivitas masyarakat masih tetap dibatasi.

Terkait PPKM jilid III nanti, tergantung perkembangan angka kesembuhan yang masih berada pada 33,3% atau di bawah persentase pasien yang dirawat yakni 63,8%.

Bahkan menurutnya, dengan penambahan pasien positif yang tinggi setiap hari, akan semakin banyak kontak erat. Peluang menjadi pasien positif baru juga semakin besar. “Oleh sebab itu, kita doakan dari kontak erat ini tidak ada yang reaktif atau positif,” tuturnya.

BACA JUGA: Vaksinasi Tahap II di RS SK Lerik, Total Ada 350 Nakes yang Divaksin

Ernest juga menyampaikan, walaupun PPKM berakhir, namun berbagai aktivitas warga tetap dibatasi, sebab masih dalam masa pandemi covid-19. Selain itu, vaksinasi pun baru dilaksanakan sebatas untuk tenaga kesehatan.

“Tetap dibatasi. Ini kita semua masih dalam masa pandemi artinya kemungkinan penyebaran itu masih sangat tinggi,” ucapnya.

Ditegaskan, pagelaran pesta tetap ditiadakan, apabila ditemukan ada yang menyelenggarakan pesta, maka akan ada tindakan tegas dari Pemerintah. Alasannya, sebelum PPKM, Pemkot sudah melarang aktivitas pesta.

Baca Juga:  Waspada! Positif Covid-19 di NTT Kembali Melonjak, Begini Datanya

Sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Kupang, Ernest meminta seluruh masyarakat Kota Kupang wajib bersatu dan bersama memerangi wabah covid-19. Di mana perlu mengikuti anjuran Pemerintah agar secara kolektif gerakan menekan naiknya kasus covid-19 dapat dikendalikan.

(rnc04)

  • 417
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed