oleh

313 Kiai di Banyuwangi Dilamar Masuk Partai Demokrat, Dilantik Langsung AHY

Banyuwangi, RNC – Sebanyak 313 orang Kiai yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Langgar (Fokkal) se-Banyuwangi, resmi dilantik. Dalam pelantikan, KH. Syaifudin Zuhri dipercaya sebagai Ketua Fokkal Banyuwangi periode 2022-2027.

Dilansir dari Timesindonesia.co.id, pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Desa Setail, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Minggu (24/4/2022) lalu.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting Partai Demokrat. Diantaranya Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Selain itu juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, Ketua Pertimbangan DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Kiai Masykur Ali dan sejumlah Fraksi DPRD Provinsi Jatim maupun Banyuwangi.

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada para Kiai Langgar yang sudah turut serta dalam membesarkan dan berjuang untuk umat dan masyarakat melalui Partai Demokrat.

“Perjalanan kami cukup panjang, terimakasih kepada para Kiai. Berbagai cercaan, makian, fitnah dan adu domba sudah kita lalui bersama. Alhamdulillah hari ini tiba saatnya kita dilantik dalam satu naungan Fokkal,” kata Michael.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi tersebut bercerita. Awalnya Kiai yang bersama dalam membesarkan Partai Demokrat Banyuwangi hanya ada dua orang saja. Namun lambat laun jumlahnya terus bertambah.

“Dari hanya 2 orang Kiai saja, lalu tambah 12, terus bertambah hingga hari ini menjadi 313 orang Kiai. Kami melamar para Kiai masuk ke dalam Partai Demokrat untuk berjuang bersama-sama,” terang Michael.

Michael mengatakan, awalnya mengajak para kiai masuk dalam jajaran Fokkal tidak mudah. Banyak rintangan dan halangan yang menghadang. Tapi bagi Michael, rintangan itu harus diatasi dan diperjuangkan.

Baca Juga:  AHY Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Eks Timor Timur

“Dan Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan semuanya serta program-program yang sudah dijalankan. Banyak para Kiai Langgar yang turut serta berjuang demi umat dan masyarakat melalui Partai Demokrat ini,” ucap Michael.

Ketua Dewan Pembina Fokkal Banyuwangi, Kiai Masykur Ali mengatakan, ada tiga program Fokkal Banyuwangi yang menjadi fokus tujuan.

“Pertama penguatan Aswaja, kedua penguatan administrasi Langgar, Mushola dan Pesantren. Ketiga adalah pemberdayaan ekonomi Langgar, Mushola, Masjid dan Pesantren,” ucap Kiai Masykur.

“Dari ketiga program tersebut, insyallah menjadi fokus kami untuk umat dan masyarakat. Karena selama ini jarang sekali disentuh oleh pemerintah,” imbuh mantan Ketua PCNU Banyuwangi 3 periode itu.

Menurut Kiai Masykur, antar NU dan Partai Demokrat punya banyak kesamaan. Terutama dalam hal pemikiran masa depan bangsa. Apalagi, kata Kiai Masykur, Partai Demokrat adalah partai yang nasionalis religius.

“Ini cocok dan pas untuk alat perjuangan kami. Semoga mendapat berkah,” tandas Kiai Masykur.

Sementara itu Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY bersyukur partai berlambang mercy tersebut banyak dicintai ulama di Banyuwangi.

“Saya terkesan dengan tiga program dari Fokkal Banyuwangi. Ini menandakan antara Partai Demokrat, maupun alim ulama bisa saling sinergi dan mengisi satu sama lain,” ucap AHY.

“Kami ucapkan selamat kepada para kiai Langgar yang sudah dilantik dalam Fokkal Banyuwangi, semoga perjuangan dan nilai-nilai kebaikan kita semua mendapatkan barokah dan kelancaran,” imbuh AHY.

Acara pelantikan Forum Komunikasi Kiai Langgar se Banyuwangi, ditutup dengan menyanyikan lagu Syubbanul Wathon yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (*/tic/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *