oleh

600 Warga Kontak Erat Pasien Covid-19 di Kota Kupang Tes Swab Massal

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Untuk mempercepat diagnosa Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang mengambil sampel swab massal dari 600 warga yang berkontak erat dengan pasien positif.

Pantaun RakyatNTT.com di Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (19/1/2021) siang, warga datang dari berbagai kelurahan untuk melakukan tes rapid-antigen dan swab-PCR.

Iklan Dimonium Air

Kegiatan tes swab massal ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Warga mengantre dengan menjaga jarak, baik ketika duduk maun berdiri di loket.

Anggota Satgas yang juga Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sry Wahyuningsih menjelaskan warga yang hadir merupakan kontak erat pasien positif yang mendapat rujukan dari berbagai Puskesmas di Kota Kupang.

“Puskesmas melakukan pemantauan dilanjutkan dengan tracing. Setiap kontak erat yang bergejala dan juga orang yang dengan rapid antigen reaktif ikut swab test,” ungkapnya.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 19 Januari: 140 Orang Terpapar, 3 Orang Meninggal Dunia

Ppaya tes massal ini guna mendiagnosa secara cepat kondisi kesehatan setiap warga yang berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. “Yah, untuk melihat perkembangan kasus, dari ini kami bisa melihat yang positif lebih cepat,” katanya.

Sry juga menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan dan Puskesmas Oepoi. Ia menyebutkan ada 600 kontak erat yang memberikan sampel swabnya. Selanjutnya, agar hasilnya lebih cepat diketahui, maka sampel dikirim ke tiga laboratorium sekaligus, yakni Lab Biomolekuler Universitas Nusa Cendana, Lab Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes dan BPKL Surabaya.

“Yah kita berharap 5 sampai 8 hari lebih cepat lebih baik lagi,” pungkasnya. (rnc04)

  • 1.7K
    Shares
Baca Juga:  Covid-19 Belum Mereda, Ini Edaran Terbaru Wali Kota Kupang, Berlaku hingga 17 Mei

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed