oleh

Besok, 83 Desa di Ende Gelar Pilkades Serentak

Ende, RNC – Sebanyak 83 desa di Kabupaten Ende, Selasa (25/10/2022) besok, akan melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Pantauan RakyatNTT.com di beberapa titik yang akan menggelar pilkades serentak itu, sejumlah calon kepala desa mulai melancarkan aksinya. Ada yang melakukan “pertemuan terbatas”, ada pula yang kasak – kusuk melakukan “lobi – lobi” antar keluarga. Sementara para tim sukses tidak kalah “sibuknya”. Mereka berharap, calon yang akan diusung besok, bisa memperebutkan suara dan terpilih menjadi pemimpin di wilayah mereka.

Demi mengamankan jalannya pilkades serentak se Kabupaten Ende itu, maka jajaran Kodim 1602/Ende, ikut merapatkan barisan. Dandim 1602/Ende, Letkol Inf. Nelson Paido Marpaung, melalui Kapten Inf. Ricky Alexander Mesah, SH, menjelaskan, untuk pengamanan pilkades serentak, KODIM 1602/Ende mengerahkan personilnya yang tersebar diempat KORAMIL. Diantaranya, KORAMIL Ende, KORAMIL Detusoko, KORAMIL Maurole dan KORAMIL Wolowaru. “Sebanyak 60 personil dikerahkan untuk mengawal kegiatan tersebut,” ujar Kapten Ricky kepada via telepon, Senin (24/10/2022).

banner BI FAST

Dia menegaskan, keterlibatan TNI dimaksudkan agar pilkades tersebut dilaksanakan demi meningkatkan kemitraan. “Sehingga kita bisa mendeteksi dini permasalahan, dan bisa dengan cepat mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan itu sesuai tugas pokok Babinsa, yaitu bertugas dalam perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial, untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam negara,” papar Ricky.

Dikatakannya, KODIM 1602/Ende telah mempersiapkan para Babinsanya sebulan sebelumnya. Mereka membahas terkait persiapan mengawal perhelatan pilkades tersebut. Namun, sejauh ini berdasarkan pemantauan anggota di lapangan, kata Ricky, kondisi masih berjalan aman dan kondusif. Dia berharap hari H nanti situasi dapat terjaga dan terkendali. “Saya menghimbau, agar masyarakat yang terlibat dalam pilkades serentak tahun ini, dapat bahu membahu, bekerja sama menjaga situasi sehingga semuanya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. (rnc16)

Baca Juga:  PDIP Bakal Usung Firdaus Dean jadi Cawabup Ende

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *