oleh

Dukung Imunisasi bagi Anak, CIS Timor dan UNICEF Laksanakan Sosialisasi Terkait Imunisasi

Kupang, RNC – Bertempat di Hotel Sahid Timore, CIS Timor bersama UNICEF dengan dukungan Pemerintah Jepang menyelenggarakan Sosialisasi Lintas Sektor Terkait Imunisasi bagi anak-anak yang belum lengkap riwayat imunisasinya di tingkatan satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, yakni 20-23 september 2022. Dalam kegiatan ini, peserta yang terlibat sejumlah 243 orang dari berbagai unsur yakni, Guru PAUD, Puskesmas, Kader Posyandu, bersama Organisasi Perangkat Daerah yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan BAPPEDA Kota Kupang.

banner BI FAST

Dalam sambutan mengawali kegiatan ini, Ketua Perkumpulan Relawan CIS Timor, Haris Oematan manyampaikan kesadaran untuk imunisasi akan menyelamatkan generasi bangsa, sehingga mampu berdaya saing di kemudian hari dengan potensi masing-masing yang dapat dikembangkan secara optimal melalui Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif.

Senada dengan Haris dari CIS Timor, Dinas Kesehatan Kota Kupang yang diwakili oleh Tiurmasari Saragih juga menekankan begitunya pentingnya imunisasi yang lengkap untuk memastikan tumbuh kembang anak secara optimal.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini dimulai dengan pemaparan terkait konsep Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Pentingnya Imunisasi yang lengkap untuk anak-anak terutama yang ada di tingkatan PAUD.

Sesi selanjutnya adalah paparan terkait konsep My Village My Home serta diskusi bersama terkait bagaimana strategi untuk memperluas cakupan imunisasi anak dengan dukungan orangtua dan tokoh masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi momen bagi para peserta untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman baik sebagai kader posyandu maupun sebagai guru PAUD terkait bagaimana mereka malaksanakan pemenuhan kebutuhan dasar anak. Dalam sesi My Village My Home para peserta dari unsur Guru PAUD dan Kader Posyandu melakukan praktek bagaimana cara mengisi form tersebut dengan arahan dari peserta dari unsur Puskesmas.

Di akhir kegiatan para peserta bersama-sama mendiskusikan bagaimana strategi yang dapat digunakan untuk memperluas cakupan Imunisasi. Melalui Form My Village My Home dalam ukuran besar, para peserta baik dari Posyandu maupun Satuan PAUD akan mengisi informasi tentang anak yang belum lengkap riwayat Imunisasinya kemudiam dijadikan media kampanye untuk diketahui bersama semua pihak sehingga bisa saling mengingatkan untuk anak-anak yang tertera namanya dalam form My Villlage My Home dilengkapi Imunisasinya oleh orangtua. (*/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed