oleh

Ekonomi RI Tetap Tumbuh di Kuartal I Meski Ada Corona, Ini Alasannya

Jakarta, RNC – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 ini bakal tetap tumbuh positif di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Kuartal I (Q1) itu Januari sampai Maret minggu pertama cukup ada momentum pemulihan ekonomi dari 2019 yang cukup lemah. Q1, forecast kita mungkin akan 4,5-4,6 persen masih kelihatan tinggi meski masih di bawah 5 persen,” kata Sri Mulyani dalam video teleconference di Jakarta, Jumat (17/4/2020) seperti dikutip dari suara.com.

Sri Mulyani menuturkan, masih tumbuh positifnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q1 ini karena wabah virus corona yang masuk baru terjadi pada awal bulan Maret, sehingga dua bulan sebelumnya masih ada momentum kegiatan perekonomian.

“Ini akibat konsumsi dan investasi bahkan ekspor ini masih menunjukkan ada kegiatan positif Januari-Februari dan bahkan sampai Maret minggu pertama, jadi munculnya mulai maret minggu kedua sejak deklarasi pendemi. Q1 masih baik di atas 4 persen,” katanya.

Namun untuk Q2 dirinya justru pesimistis pertumbuhan akan lebih baik karena pandemi corona sudah mulai mengganggu kegaiatan ekonomi dari minggu Maret kedua hingga saat ini.

“Namun ini tidak mencerminkan ke depan Q2 mungkin akan berubah sangat cepat karena ada pembatasan. Pertanyaannya apakah di Q2 ini merupakan puncaknya maka Q3 akan recover sehingga kita akan lihat ekonomi masyarakat di Q3/Q4 apakah akan recovery atau stagnasi,” katanya. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed