oleh

Gedung Baru Diresmikan, Unwira Kupang Diharapkan Lahirkan Tenaga Digital Handal

Kupang, RNC – Gedung Rektorat St. Arnoldus Janssen dan Aula Serbaguna St. Maria Immaculata milik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang diresmikan, Rabu (23/2/2022) kemarin. Pemerintah berharap perguruan tinggi di NTT harus bisa mencetak generasi untuk menyambut pembangunan masa depan.

Pantauan RakyatNTT.com, gedung milik Unwira yang berada di Penfui, Kecamatan Kupang Tengah itu diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Johny G. Plate dan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang. Hadir juga Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta.

Dalam sambutannya, Menkominfo Jhonny G Plate menyampaikan, setelah menandatangani prasasti gedung yang diresmikan itu, ia sebagai alumni kampus tersebut teringat karir dan jasa St. Arnoldus Janssen. Di mana, sosok tersebut telah mencetak sejumlah profesor, jenderal bahkan menteri dan para politisi.

“Saya tidak tahu ada berapa banyak menteri di dunia ini yang secara langsung atau tidak langsung adalah hasil karya Arnoldus Janssen,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Jhonny juga menjelaskan saat ini Pemerintah RI sedang mengupayakan pembangunan masa depan yang pesat. Salah satunya adalah dengan menyiapkan berbagai layanan digital di tanah air. Hal ini sebenarnya, merupakan tantangan yang harus dilalui generasi yang sedang dibina di lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.

Terkhusus untuk NTT, dinilai masih sangat rendah animonya dalam keahlian digital (digital skill). Bahkan, terkait literasi digital pun masih sangat kurang partisipasinya. Oleh karena itu, Unwira maupun perguruan tinggi lainnya harus mampu mencetak generasi yang bisa menyukseskan program nasional itu.

“Kita perlu memastikan, pertumbuhan yang inklusi dan memberdayakan. Maka target-target perlu dicapai melalui penguatan titik-titik tumbuh SDM dan talenta digital yang tersebar di seluruh pelosok tanah air kita termasuk di Nusa Tenggara Timur,” jelasnya.

Baca Juga:  Pj. Bupati Kupang Terima Kunjungan TA Mentan, Tanam Padi di Kelurahan Merdeka

Jhony juga menyampaikan, setelah tahun 2021 lalu Kementerian Kominfo RI berhasil menyelenggarakan pelatihan literasi digital bagi 12,5 juta orang, maka tahun 2022 ia sedang berupaya agar pelatihan kembali dapat dilakukan demi menjawab target presiden untuk 50 juta orang Indonesia memiliki kemampuan berdigital.

“Tahun 2022 ini 5,7 juta saya sedang berusaha untuk sama 12,5 juta dengan harapan sesuai keinginan Pak Joko Widodo 50 juta rakyat sudah terliterasi untuk basic digital skill, digital ethics,” jelasnya.

Menteri Jhonny pun berharap, dengan diresmikannya gedung baru itu menjadi semangat baru dan Unwira Kupang sebagai salah satu mitra Kominfo RI bisa menghasilkan tenaga-tenaga digital terlatih dengan jumlah yang banyak. “Di samping tentu output Unwira yang berkualitas dan jumlah yang besar dan sumber daya, apalagi ini sejalan dengan program presiden,” pungkasnya.

(rnc04)

 

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *