oleh

Giring Ganesha Umumkan Siap Maju Pilpres 2024

Sabun Herbal Cyrus

Jakarta, RNC – Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyatakan siap maju sebagai calon presiden d Pilpres 2024. Pernyataan Giring disampaikan melalui video pada YouTube PSI.

Di awal video berjudul #GiringPresiden 2024 Giring Ganesha yang baru saja diunggah PSI hari ini, Senin (24/8/2020), memperlihatkan dua orang yang sedang melihat baliho dukungan agar Giring maju sebagai calon presiden. Kemudian Giring pun tampil dengan memakai kemeja putih dan peci hitam.

BACA JUGA: 6 Survei Terakhir Nyatakan Prabowo Capres Terkuat 2024

“Ya, saya memang memberanikan diri untuk maju sebagai calon presiden di 2024. Dan di video ini, saya akan jelaskan alasannya,” ungkap Giring dalam akun YouTube PSI seperti dilihat detikcom.

Video yang dibuat PSI ini dilengkapi dengan grafis dan foto-foto. Terdapat juga tulisan Giring Kemajuan, Giring Kebebasan, dan Giring Kebaika. Pada video itu, Giring menyadari keputusannya masuk ke dunia politik tidak mudah mengingat kaum muda sangat pesimistis terhadap perpolitikan Indonesia.

“Kita boleh aja benci politik, tapi suka nggak suka, banyak keputusan penting yang terkait diri kita diambil melalui sistem politik. Contohnya nih, kalau ada kepastian hukum, efeknya dunia usaha bisa tumbuh dengan baik.Dan buat kita, cari kerja jadi gampang. Nah, kepastian hukum itu ditentukan oleh apa ya? Ya sistem politik,” ucap eks vokalis Band Nidji itu.

“Bagi saya dan jutaan anak muda lainnya ada dua pilihan. Diam dan melihat orang lain yang menentukan arah masa depan, atau turun dan terlibat menentukan masa depan kita sendiri. Saya memilih untuk turun dan terlibat. Saya percaya justru anak muda justru harus melibatkan diri lebih lagi dalam politik. Ini adalah agar suara kita didengar, diperhitungkan, dan bisa menentukan masa depan yang kita inginkan,” tambah Giring.

Giring kemudian mengisahkan latar belakang kehidupannya. Ia bercerita soal ayahnya yang meninggal dunia akibat stroke pada tahun 1998 lalu. Keluarga Giring menjadi salah satu keluarga yang sangat terdampak akibat krisis moneter saat itu.

“Salah urus politik pada masa itu membuat hidup keluarga saya dan jutaan anak muda lainnya jadi sangat berat. Politik hanya buat orang susah,” terang Giring.

Dalam video berdurasi hampir 10 menit itu, Giring menyatakan memahami banyak generasi muda yang kecewa dan tidak percaya politik karena merasa diabaikan, ditinggalkan. Akhirnya, kata Giring, politik menjadi sesuatu yang nggak menarik.

“Pertanyaannya kalau kita merasa diabaikan dan ditinggalkan, apakah kita akan diam?Buat saya reaksi yang sebaiknya diambil justru melibatkan diri supaya politik jangan jatuh ke tangan yang salah, jatuh ke tangan orang yang nggak ngerti kebutuhan, tantangan, atauh bahkan aspirasinya berbeda dengan kepentingan kita, kaum muda,” tuturnya.

Giring lalu berbicara mengenai demokrasi dan sistem pemilu di Indonesia. Menurutnya hal tersebut penting dipahami karena pada Pilpres 2024 nanti, setengah dari jumlah pemilihnya merupakan kaum muda.

“Perlu kita sadari korban pertama dari setiap kegagalan politik adalah kita, anak-anak muda. Karena anak muda punya masa depan yang lebih panjang. Kalau kita nggak peduli pada politik dan nggak mau terlibat, sikap itu justru akan membuat politik diisi orang yang salah,” ungkap Giring.

Di akhir video, Giring meminta doa dan restu agar niatnya maju sebagai capres mendapat dukungan. Ia menyatakan ingin melayani masyarakat.

“Bismillahirrahmanirrahim, karena itulah, saya Giring Ganesha memberanikan diri mewakili generasi saya untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia di 2024. Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat Indonesia. Saya percaya kita akan bangkit berdiri untuk Indonesia yang semakin jaya!” tegas Giring.

Seperti diketahui, Giring diangkat menjadi Plt Ketum PSI. Ini lantaran Ketum PSI Grace Natalie tengah melanjutkan pendidikan lagi.

BACA JUGA: Jika Prabowo tak Maju, Suara akan ke Anies dan Sandi

“Pengalaman beberapa tahun ini berjuang bersama Bro Giring di PSI, jadi pertimbangan utama. Bro Giring punya komitmen yang sama dengan PSI, dan bisa mewakili tokoh muda yang kreatif,” jelas Grace Natalie soal alasan dipilihnya Giring sebagai Plt Ketum, Selasa (18/8).

Untuk diketahui, Giring memutuskan keluar dari band-nya dan bergabung dengan PSI menjelang Pilpres 2019. Giring pun kemudian maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) PSI pada Pileg 2019.

Sebenarnya Giring mendapat perolehan suara tinggi di daerah pemilihannya (dapil) di Jawa Barat. Hanya, karena PSI tak lolos parliamentary threshold atau ambang batas masuk parlemen, Giring pun gagal menjadi anggota DPR RI.

(detikcom/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed