oleh

Pemerintah Janji 34.954 Guru Honorer jadi PPPK Awal 2021

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Sebanyak 34.954 guru honorer yang lulus seleksi untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) setara PNS/ASN dijanjikan akan diangkat pada awal 2021. Mereka adalah guru honorer yang lulus seleksi pada rekrutmen 2019 lalu.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto memaparkan pihaknya menargetkan pemberkasan dari instansi terkait ke BKN terlaksana Desember 2020 ini.

Iklan Dimonium Air

“Sehingga dengan pemberkasan di Desember semoga di awal tahun teman-teman PPPK yang sudah menunggu begitu lama ini bisa tahu kepastian nasibnya dan secara resmi diangkat menjadi PPPK,” kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI, Selasa (24/11/2020) dilansir dari detikcom.

Agar target tersebut terlaksanakan, pihaknya perlu dukungan dari instansi terutama pemerintah daerah yang memiliki calon PPPK, dan juga dukungan dari Komisi X DPR RI untuk lebih mendorong pemerintah daerah mempercepat proses pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) PPPK.

Dia menjelaskan saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sudah menyelesaikan penetapan formasi untuk 358 instansi.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Guru Honorer yang jadi PPPK Dapat Tunjangan Rp 4 Juta

“Perlu kami sampaikan bahwa setelah penetapan formasi oleh Kemenpan-RB, langkah selanjutnya adalah instansi atau pejabat pembina kepegawaian daerah, dalam hal ini adalah gubernur, bupati, dan walikota untuk pemerintah daerah melakukan penetapan SK pengangkatan calon PPPK,” paparnya.

Setelah ditetapkan SK calon PPPK, kemudian instansi mengusulkan penetapan NIP ke BKN.

“Dari data formasi itu yang sudah kami terima kami menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi ataupun penyesuaian-penyesuaian terkait dengan standar dalam proses pemberkasan dan penetapan NIP PPPK nanti,” ujarnya.

Dia memastikan BKN sudah siap untuk melakukan pemberkasan terhadap 358 instansi untuk formasi PPPK tenaga guru. Pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi data, serta akan dilakukan sosialisasi kepada seluruh daerah melalui virtual meeting terkait dengan proses pemberkasan.

“Dan juga kami akan mengeluarkan surat persiapan atau surat ke seluruh instansi yang memiliki calon PPPK tenaga guru terkait dengan tahapan pemberkasan ataupun tahapan penetapan NIP untuk PPPK guru ini,” sebutnya.

“Setelah itu BKN menerbitkan NIP-nya dan instansi mengangkat yang bersangkutan menjadi PPPK dan menerbitkan surat pernyataan melaksanakan tugas. Secara resmi PPPK guru nanti akan secara nyata melaksanakan tugas setelah terbit surat pernyataan melaksanakan tugas dari instansi,” tambah dia. (*/dtc/rnc)

  • 143
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed