oleh

HUT Ke-18 Kabupaten Rote Ndao, Bupati Beberkan Sejumlah Keberhasilan

Ba’a, RNC – Kabupaten Rote Ndao pada Selasa (2/7/2020) genap berusia 18 tahun. Upacara peringatan HUT Rote Ndao yang menggunakan protokol covid-19 ini berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Rote Ndao.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara ini dihadiri oleh seluruh pejabat lingkup Pemkab Rote Ndao, unsur Forkopimda dan masyarakat. Semua peserta upacara mengenakan busana adat Rote Ndao.

BACA JUGA: Majukan Wisata Rote Ndao, Gubernur Resmikan Cottage Pia Heu di Mulut Seribu

Bupati Paulina mengajak seluruh elemen masyarakat di Rote Ndao, termasuk eksekutif dan legislatif bersinergi membangun Kabupaten Rote Ndao. Menurutnya, upacara ini tidak sekadar seremoni tetapi menjadi momentum evaluasi atas komitmen dan kontribusi untuk kemajuan daerah. “Ini juga sekaligus memperkuat jadi diri dan kecintaan kita bersama membangun Kabupaten Rote Ndao,” kata Paulina.

Bupati Paulina juga menyampaikan sejumlah kemajuan daerah yang dicapai dan akan terus dipacu di antaranya sektor pariwisata ditunjang pertanian dan perikanan. Selain itu, peningkatan pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dasar seperti perumahan, transportasi dan pertanian.

Menurut Bupati Paulina, angka kemiskinan mengalami penurunan dari 28,8% pada tahun 2018 menjadi 27,8% di tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi daerah mengalami peningkatan dari 5,45% menjadi 6,15% pada tahun 2019. Angka prevalensi stunting mengalami penurunan secara signifikan dari 44% menjadi 30,13% di tahun 2019. Laju inflasi mampu dikendalikan, produksi pangan (padi) mengalami peningkatan dengan total produksi lebih dari 108.000 ton. Indeks pembangunan manusia dari sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi meningkat dari 60,51% menjadi 62,7% di tahun 2019.

Ia menegaskan bahwa di bidang pemerintahan, terus melakukan penataan dan pembenahan agar gerak birokrasi tidak menghambat pelayanan publik. Tercipta birokrasi yang profesional dan handal, mampu berkolaborasi dengan seluruh komponen dan saling mendukung. Birokrasi yang mampu bekerja keras, bekerja cerdas dan kerja dengan iklas serta menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas, cepat, tepat dan akuntabel.

BACA JUGA: Juli-Desember 2020, Bupati-Wabup dan DPRD Rote Ndao tak Terima Gaji, Ini Alasannya

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Rote Ndao serta semua pihak yang berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Rote Ndao selama ini. “Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para tokoh pendiri serta para pemimpin dari masa ke masa atas segala curahan pikiran dan tenaganya demi mewujudkan kesejahteraan di daerah ini,” kata Paulina.

Pantauan RakyatNTT.com, usai upacara jajaran TNI dan Polri menyerahkan kue ulang tahun kepada Bupati Rote Ndao. Acara dilanjutkan dengan resepsi sederhana ditandai dengan pemotongan tumpeng HUT Ke-18 Kabupaten Rote Ndao di ruang pertemuan lantai I Kantor Bupati. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed