oleh

Jalan-jalan Rusak di Kabupaten Kupang Diperbaiki, Petani Merasa Terbantu

Oelamasi, RNC – Para Petani di Kabupaten Kupang mengaku terbantu dengan pembangunan ruas jalan yang dilakukan Bupati Kupang, Korinus Masneno sepanjang kepemimpinannya pada periode 2018-2023.

Warga mengakui Pemkab Kupang telah mewujudkan perubahan di sektor infrastruktur jalan untuk menopang aktivitas pertanian dan ekonomi.

Untuk diketahui, beberapa ruas jalan yang sudah diperbaiki seperti ruas Tarus-Baumata yang melintasi Kecamatan Kupang Tengah hingga Taebenu, Osiloa-Oetete di Kelurahan Tarus dan Desa Mata Air, Kali Dendeng-Oefafi yang melintasi Kecamatan Kupang Tengah dan Kupang Timur. Selanjutnya, Pemkab juga membangun ruas jalan Oesao-Oemofa yang melintasi Kupang Timur dan Amabi Oefeto Timur. Sejumlah ruas jalan ini pun membantu akses transportasi sampai ke area pertanian warga desa.

Iklan dewan
Ads

Tak hanya itu, khusus jalan Tarus-Baumata kini menjadi salah satu jalan alternatif bagi warga menuju lokasi wisata kolam Baumata. Jalan ini juga menjadi jalur alternatif bagi warga untuk bepergian ke wilayah Amarasi Barat.

Beberapa warga yang berprofesi sebagai petani mengaku adanya perubahan dan kemajuan yang dilakukan Pemkab Kupang. Ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, khususnya para petani di desa.

Kepada RakyatNTT.com, Jumat (31/5/2024), Ketua RT 52, Dusun Dendeng, Desa Noelbaki, Melky Loinati mengatakan setelah ruas jalan Tilong-Oefafi tuntas dikerjakan, para petani padi di dusun itu sangat terbantu. Pengangkutan hasil pertanian pun jadi lebih mudah dan murah.

“Yah, sangat bermanfaat dan lebih baik dari kemarin, memang karena jalan baru jadi akses tambah ramai. Contoh geliat ekonomi seperti BBM eceran dan tambal ban juga mulai banyak, karena banyak sepeda motor juga yang lewat,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Rindu Sejahtera Desa Noelbaki, Petrus Man’ikun mengungkapkan, dengan perbaikan jalan tersebut sangat membantu aktivitas pertanian. Akses semakin mudah untuk memobilisasi pupuk dan padi.

Baca Juga:  Partai Perindo Serahkan Rekomendasi untuk Maria Nuban Saku, jadi Cawabup Kupang

“Artinya beliau (Korinus Masneno, red) ini cukup berjasa buat kita-kita ini. Kita juga merasakan dia punya pembangunan ini. Harapan kami, yah kalau bisa nanti beliau naik lagi (terpilih sebagai Bupati Kupang Periode 2024-2029) maka tentu lebih maju atau meningkat lagi,” harapnya.

Selanjutnya, menurut tokoh masyarakat di Kelurahan Tuatuka, Kupang Timur, Thobias Saubelan, perbaikan ruas jalan Oesao-Oemofa yang melintasi Kelurahan Tuatuka, merupakan wujud nyata perubahan untuk masyarakat.

Ia meminta agar warga bisa menjadikan perubahan tersebut sebagai motivasi agar mengubah pola kerja dan lebih produktif di berbagai sektor usaha.
“Menurut kami, dari jalan ini tentu mendorong kami masyarakat sehingga ke depan lebih maju karena akses sudah semakin gampang dan murah,” ungkap Thobias. (rnc04)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *