oleh

Kasus Covid-19 Masih Melonjak, Pemprov NTT Tambah 1 Lab PCR

Kupang, RNC – Pemerintah Provinsi NTT melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 siap menambah 1 unit laboratorium PCR untuk pemeriksaan sampel swab.

Hal ini disampaikan Sekretaris I Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, dr. Messerasi Ataupah, Senin (5/10/2020). Kepada RakyatNTT.com, Kadis Kesehatan Provinsi NTT ini menyampaikan bahwa saat ini sedang dilatih 4 orang asisten dokter untuk menambah tenaga laboratorium di RSUD Prof. W.Z. Johannes Kupang.

Hal ini dilakukan agar dapat mempercepat pemeriksaan sample swab yang reaktif terhadap Covid-19 dan bisa menyelesaikan sekitar 400 sample per hari.

Ia mengatakan, kendala hingga saat ini masih ada ratusan sample swab reaktif yang mengantre untuk diperiksa di 15 laboratorium yang ada di RS sedaratan NTT. Sementara keseluruhan Lab itu, dalam sehari hanya mampu menangani paling banyak 200 sample.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 5 Oktober: 2 Positif, 1 di Kupang, 1 di Flotim

“Kemarin kami mencoba hampir 200 lebih, tapi kami terus mencoba, dan minimal 400, karena yang baiknya itu, standarnya itu 700 per hari,” katanya.

Ia mengungkapkan, ada 15 laboratorium yang tersebar di kabupaten/kota, namun hanya ada 1 Lab PCR yang bisa mendeteksi 100% virus Covid-19. Sementara 14 Lab TCM masing-masing mampu mendeteksi 95% Virus Corona.

Selanjutnya, Messe juga menyampaikan bahwa Pemprov terus memberikan perhatian dalam penanganan pasien maupun kontak erat, di mana dalam waktu dekat akan ada lagi tambahan Lab PCR di Rumah Sakit Universitas Nusa Cendana Kupang. Saat ini sedang dalam proses validasi oleh pihak yang berwenang.

“Kita berharap dari Jakarta atau Surabaya cepat melakukan validasi supaya kita bisa cepat mempergunakannya,” pungkasnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed