oleh

Kearifan Lokal Bisa Mitigasi Perubahan Iklim

Kupang, RNC – Perubahan iklim atau Climate Change telah menjadi issue global saat ini. Karena itu, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat dan Konservasi Alam (Yapeka) difasilitasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTT menggelar workshop pengendalian perubahan iklim bertajuk “Workshop Penyusunan Kerangka Kerja Rencana Aksi Adaptasi Kelompok Kerja Pengendalian Perubahan Iklim di Provinsi NTT”. Kegiatan itu digelar di Hotel Sotis, Kota Kupang, Senin (1/8/2022).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto, A.Pi, saat membuka workshop tersebut mengapresiasi langkah yang dilakukan Yapeka. “Yapeka telah melakukan kegiatan sederhana, namun sangat berdampak. Tanpa kita sadari, setiap hari kita menghasilkan emisi gas lewat kendaraan yang kita pakai. Hal ini berdampak buruk pada kualitas hidup dan kerusakan lingkungan,” kata Ganef.

Menurutnya, workshop ini setidaknya mengajak semua pihak untuk berpikir, bagaimana memitigasi supaya kondisi kerusakan lingkungan dari awal disadari dan dapat dilakukan tindakan nyata, agar kerusakan yang lebih parah dapat diminimalisir, bahkan tidak terjadi.

Senada dengan Ganef, CEO Yapeka, Akbar Ario Digdo, salah satu dari narasumber menekankan, di NTT terdapat kearifan lokal yang dikembangkan dan dipraktekkan masyarakat, untuk dijadikan model dalam pengendalian perubahan iklim. “Pengetahuan tradisional masyarakat adat komunitas, dapat menjadi kunci terhadap banyaknya solusi berbentuk lokal, untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di tingkat lokal. Selain itu, dapat replikasi dan amplifikasi serta memiliki potensi untuk diperluas oleh pemerintah daerah dan nasional,” ujar Akbar.

Pantauan RakyatNTT.com, workshop tersebut dihadiri peserta dari berbagai latar belakang, seperti pemerintah, LSM, akademisi, tokoh masyarakat dan media. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan itu. “Kami berharap, workshop ini dapat menjadi langkah awal komitmen bersama di NTT, dalam upaya mengatasi perubahan iklim,” kata Akbar. (rnc07)

Baca Juga:  Selamatkan Bank NTT, Pj Gubernur Didesak Tandatangani Persetujuan Kerja Sama Bank NTT-Bank DKI

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *