oleh

Keren! Ini Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru RI

Jakarta, RNC – Desain kawasan Istana Kepresidenan di ibu kota negara (IKN) baru, Kalimantan Timur (Kaltim) telah ditetapkan. Bocorannya pun telah diungkap oleh I Nyoman Nuarta, sosok pencipta desain tersebut.

Nyoman mengatakan desain Istana di IKN sudah selesai dan disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari hasil pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Iklan Dimonium Air

“Desain ISTANA IKN , yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden,” kata Nyoman di Instagramnya @nyoman_nuarta, Selasa (4/1/2022) seperti dilansir detikcom.

Setidaknya ada tiga gambar yang dia unggah di akun Instagramnya. Kawasan Istana Kepresidenan yang terpampang tampak megah berdiri di atas bukit.

Bangunan Istana Kepresidenan dikelilingi oleh hamparan rumput dan pepohonan di tiap sisinya. Bangunannya juga dirancang menyatu dengan alam bernuansa hijau di ibu kota baru.

“Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana MERDEKA tgl 3 januari,bersama Mensesneg ,Men PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya.Terimakasih atas segala dukungannya untuk dapat meciptakan karya orisinil.yg tidak di pengaruhi kaidah2 arsitek konial,” tambah Nyoman.

Berdasarkan draf Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), pemindahan status ibu kota negara dari Provinsi DKI Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) dilakukan pada semester I-2024.

“Pemindahan status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN […] dilakukan pada semester I (satu) tahun 2024 dan ditetapkan dengan Peraturan Presiden,” bunyi Pasal 3 ayat 2 RUU IKN dikutip detikcom, Kamis (14/10/2021).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebelumnya mengatakan Presiden Jokowi bisa melaksanakan peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 di ibu kota negara baru.

Baca Juga:  Gubernur Ibu Kota Baru Setingkat Menteri dan Diangkat Langsung Presiden

“Tanggal 17 Agustus 2024 itu Presiden bisa melaksanakan, kita melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara yang baru,” kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, kemarin Rabu (17/3/2021).

(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed