oleh

Masa Jabatan Wali Kota Berakhir Agustus, Proyek Air Bersih Kota Kupang Terus Dilanjutkan

Kupang, RNC – Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore (Jeriko) bersama Wakil Wali Kota, dr. Hermanus Man, memastikan program prioritas penanganan air bersih terus berlanjut walaupun masa jabatan mereka akan berakhir pada Agustus 2022.

Hal ini ditegaskan Jeriko saat diskusi bersama awak media di Ruang Garuda, Lantai II Balai Kota, Kamis (13/1/2022) pagi.

banner BI FAST

Jeriko menjelaskan saat ini pembangunan SPAM Kali Dendeng sedang dilaksanakan. Kapasitas air yang dihasilkan sekitar 150 liter per detik. Pekerjaan saat ini adalah proyek tahap I. Tahap II akan dilanjutkan tahun ini setelah tahap I selesai. Total debit yang dihasilkan bisa mencapai 300 liter per detik. Dengan selesainya megaproyek SPAM Kali Dendeng maka bisa memenuhi 70 persen kebutuhan air bersih di Kota Kupang,

Jeriko menambahkan, selain proyek Kali Dendeng, ada juga proyek yang telah dijawab usulannya yaitu SPAM Air Sagu di Kelurahan Batuplat, Bendungan Kolhua dan Bendungan Kali Liliba. Proyek-proyek ini telah disepakati bersama Kementerian PUPR.

Ia juga menguraikan, jika proyek Bendungan Kolhua jadi dibangun, maka dengan sendirinya bendungan Kali Liliba batal. Sementara untuk SPAM Air Sagu dibatalkan tahun lalu karena covid-19. Oleh karena itu, Jeriko berharap Air Sagu bisa dibangun tahun ini atau tahun depan.

Jeriko mengatakan, di sisa waktu 7 bulan ini, ia terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait program air bersih di Kota Kupang. “Kita optimis, walaupun nanti saya dan Pak Wakil tidak di sini, kami sudah menyiapkan negosiasi-negosiasi, sehingga siapapun pejabat berikutnya, mereka akan tetap melanjutkan itu, dan berpatokan pada persetujuan yang sudah ada,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Herman Man juga memastikan bahwa untuk pembangunan yang bersumber dari APBD Kota Kupang tetap akan dilaksanakan. Pasalnya, anggaran telah disepakati dan akan terus dilanjutkan.

Baca Juga:  Aroma Politik di Balik Aksi Mogok Kerja Dokter Spesialis RSUD SK Lerik

“Jadi untuk pembangunan air bersih nanti penjabat atau Plt yang melanjutkan, karena untuk APBD 2023 nanti sesuai dengan rencana yang telah kami susun dalam Peraturan Wali Kota pada 31 Maret 2022,” jelasnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed